SOLOPOS.COM - Penyerahan simbolis bantuan 40 ekor domba kepada warga binaan YKSB di Desa Suroteleng, Selo, Boyolali, Selasa (11/6/2024).(Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Yayasan Keluarga Sejahtera Boyolali (YKSB) Suko Marsudi Siwi bersama Organisasi ChildFund International Indonesia memberikan bantuan berupa puluhan kambing kepada peternak Desa Suroteleng, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Penyerahan secara simbolis diserahkan di Gedung Olahraga Desa Suroteleng, Selasa (11/6/2024).

Pejabat Partnership Portofolio Childfund International, Jepi Jumiarsih, menjelaskan pemberian bantuan kali ini adalah kelompok peternak kambing kedua. Pada pemberian tahap kedua ini ada sekitar 40 domba yang diberikan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Pada tahap pertama ada 5 kelompok penerima sebanyak 75 ekor domba, dan masing masing kelompok menerima 15 domba. Kemudian bantuan tahap dua ini sebanyak 40 domba,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Rabu (12/6/2024).

Ia menjelaskan bantuan domba tersebut adalah program dari Childfund International Indonesia. Boyolali dinilai cocok sebagai tempat untuk pengembangan domba sehingga, penyaluran domba diberikan di Boyolali.

“Sebenarnya Childfund International ini juga pernah menggulirkan bantuan berupa ternak ayam, babi, sepeda, dan domba. Karena dilihat Boyolali ini cocok untuk pertumbuhan domba maka kami berikan domba,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Lembaga YKSB, Eni Rimbawati, mengungkapkan Suroteleng adalah salah satu desa binaan YKSB.

Selain Suroteleng, binaan YKSB kemudian diwilayah Kecamatan Selo ini ada di Desa Lencoh, Jrakah dan Tlogolele. Eni berharap bantuan anak binaan dapat bergulir ke kelompok selanjutnya.

“Tentunya [kelompok] yang ditunjuk bakal diberi kepercayaan sehingga menjadi kegiatan yang lestari sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat,” harap dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Boyolali, Sumarno, mengapresiasi ChildFund Internasional Indonesia yang bekerja sama dengan YKSB atas perhatiannya kepada masyarakat sehingga memberikan bantuan domba kepada warga Suroteleng.

Ia berharap kegiatan tersebut dapat berkelanjutan sehingga bisa mendukung visi misi Bupati Boyolali yang ingin kesejahteraan masyarakat terwujud.

Sumarno berharap bantuan yang diberikan dapat dijaga dan dirawat sebaik-baiknya. Sehingga, domba-domba tersebut akan berkembang.

“Jadi kami berharap domba domba yang telah diterima kelompok masyarakat ini tidak habis, tapi dapat tumbuh berkembang dan bertambah terus. Kemudian merambah ke desa desa yang lainnya di Boyolali,” kata dia.

Ia mengatakan ada 206 anak muda binaan YKSB khusus di Suroteleng. Bantuan tersebut bakal digulirkan ke anak binaan lain. Sumarno berharap bantuan tidak hanya sebatas di Boyolali bagian atas tapi juga menyebar ke bagian Boyolali utara.

“Kan kami ada 22 kecamatan, harapan kami dari 22 itu bisa tersentuh oleh program YKSB karena programnya luar biasa,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya