SOLOPOS.COM - Pimpinan tiga parpol di Klaten. PDIP, Partai Gerindra, dan PKS, berfoto bersama saat menggelar pertemuan membahas koalisi jelang Pilkada 2024 di Kantor DPD PKS Klaten, Sabtu (15/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, KLATEN – DPC PDIP Klaten sukses melamar Partai Gerindra Klaten untuk berkoalisi mengusung cabup-cawabup di Pilkada Klaten 2024. Tak hanya berkoalisi, PDIP juga meminang kader Gerindra untuk dipasangkan sebagai cawabup dengan bakal cabup dari PDIP.

Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, menjelaskan kunjungan PDIP yang berujung diterimanya lamaran koalisi oleh Partai Gerindra pada Selasa (18/6/2024) menjadi rangkaian safari roadshow ke parpol di Kabupaten Bersinar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Kami melakukan agenda safari roadshow silaturahmi ke Partai Gerindra istilahnya meminang kader terbaiknya Gerindra untuk berpasangan dengan cabup dari PDIP,” jelas Sri Mulyani, Rabu (19/6/2024).

Soal nama kader Partai Gerindra Klaten yang dipinang jadi bakal cawabup PDIP, Mulyani belum bersedia menyebut. “Silaturahmi pinangan kami diterima dengan baik. Untuk urusan siapa-siapanya, kami ada usulan, nantinya DPP partai yang akan memberikan rekomendasi atau restu,” kata Mulyani.

“PDIP kebetulan mencalonkan bupati banyak, lihat saja nanti, biar saya tidak ndhisiki kersane DPP, masih menunggu rekomendasi dan saat ini baru dilakukan survei,” tambahnya.

Mulyani menjelaskan sebelum ke Partai Gerindra, PDIP terlebih dahulu bersilaturahmi dengan PKS untuk membangun kerja sama. Ajakan PDIP ke PKS untuk berkoalisi di Pilkada Klaten pun diterima. Dia berharap PDIP bisa berkoalisi dengan banyak partai di Pilkada Klaten.

“Rencana saya begitu [semakin banyak partai berkoalisi dengan PDIP]. Lebih banyak lebih mudah demi Klaten yang bersatu,” kata Mulyani.

Menunggu Rekomendasi DPP

Seperti diberitakan, sejumlah pengurus DPC PDIP Klaten yang dipimpin Sri Mulyani mendatangi Kantor DPC Partai Gerindra Klaten, Selasa (18/6/2024) siang. Mereka diterima Ketua DPC Partai Gerindra Klaten, Hariyanto, serta sejumlah pengurus lainnya.

Pertemuan berlangsung lebih dari satu jam antara pukul 13.30 WIB hingga pukul 15.15 WIB. Hariyanto menjelaskan dalam pertemuan itu, Ketua DPC PDIP Klaten menyampaikan tujuan kedatangan untuk meminang Partai Gerindra Klaten berkoalisi pada Pilkada Klaten 2024.

“Saya tadi tidak langsung menjawab. Tetapi teman-teman saya suruh untuk menyampaikan pendapatan mereka terkait pinangan tersebut. Setelah tujuh pengurus DPC [Partai Gerindra Klaten] sepakat, saya terima pinangan DPC PDIP Klaten dengan membaca bismillahirrahmanirrahim,” kata Hariyanto saat dihubungi Solopos.com, Selasa (18/6/2024).

Hariyanto tak menampik dalam pertemuan itu DPC PDIP Klaten juga meminang kader Partai Gerindra Klaten untuk dipasangkan dengan bakal cabup yang diusung PDIP. Hanya, sampai saat ini DPC Partai Gerindra Klaten masih menunggu siapa nama yang direkomendasikan DPP Partai Gerindra untuk dicalonkan di Pilkada Klaten.

Terkait tindak lanjut kesepakatan pada pertemuan di DPC Partai Gerindra Klaten, Hariyanto menjelaskan DPC tetap menunggu instruksi dari DPD Partai Gerindra Jateng maupun DPP. Dalam waktu dekat, beberapa nama bakal calon kepala daerah dari Gerindra dan PDIP akan diundang ke DPD Partai Gerindra Jateng untuk pendalaman.

Hariyanto menjelaskan secara resmi DPC Partai Gerindra Klaten tetap menunggu instruksi dari DPP. Namun, dari pertemuan yang digelar pada Selasa siang kesepakatan soal koalisi antara PDIP dengan Gerindra semakin mengerucut.

Dia tak menampik pertemuan di Gerindra merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya antara PDIP, Gerindra, dan PKS di DPD PKS Klaten untuk membahas koalisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya