SOLOPOS.COM - Kedatangan 359 haji kloter 1 Debarkasi Solo asal Temanggung di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Minggu (23/6/2024). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI – Jemaah haji kloter 1 Embarkasi Solo asal Temanggung tiba di Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Minggu (23/6/2024) dini hari. Pesawat mereka tiba tepat waktu pukul 00.55 WIB sesuai dengan jadwal kedatangan.

Pantauan Solopos.com, terlihat para jemaah haji melepas koper yang ditenteng lalu melakukan sujud syukur seusai turun dari pesawat. Beberapa jemaah terlihat menangis, ada pula yang saling berpelukan.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Salah satu jemaah, Darmiyati, terlihat bersujud syukur dan tak berhenti menangis. Perempuan berusia 63 tahun tersebut menangis karena bersyukur bisa melaksanakan ibadah haji dan selamat sampai ke Tanah Air.

“Di sana pelayanannya bagus, terima kasih Ya Allah, Kementerian Agama juga pelayanannya bagus. Infonya dibanding tahun kemarin lebih bagus ini,” jelasnya sambil meneteskan air mata.

Ia mengatakan telah menanti 12 tahun untuk beribadah haji saat usia 51 tahun mendaftar. Darmiyati mengatakan saat usia 51 tahun ia memiliki fisik kuat.

Darmiyati bersyukur karena di usia 63 tahun masih bisa menjalankan ibadah haji yang menurutnya membutuhkan fisik yang luar biasa.

“Kalau kami harus ke masjid, mau ke pelataran Ka’bah membutuhkan jalan kaki 1,8 kilometer dari terminal. Untuk masuk ke pelataran Ka’bah dibutuhkan kegigihan,” terangnya.

Ia mengatakan selama beribadah semuanya lancar. Namun, ia menyoroti ketika jemaah lanjut usia memiliki pendamping berlainan jenis. Maka tidak bisa satu kamar dan bergantung pada teman satu kamar ketika akan beribadah.

Sementara itu, petugas kesehatan kloter 1, Hariyanta, menjelaskan jumlah haji dari kloter 1 Temanggung ada 360 orang. Namun yang kembali pulang baru 359 orang.

“Satu orang masih dirawat di Rumah Sakit King Faisal. Untuk informasi selanjutnya, nanti jemaah yang masih tertinggal akan diikutkan ke kloter berikutnya setelah kesehatan meningkat. Sakitnya sesak [napas],” jelasnya.

Ia menjelaskan jemaah tersebut adalah seorang perempuan usia 64 tahun atas nama Mujiyati. Hari mengatakan Mujiyati telah memiliki riwayat sebelum berangkat ke tanah suci telah rutin berobat dan sering sesak napas.

Lalu ketika Armuzna, sesak napasnya meningkat dan kadar oksigen turun sehingga dirujuk ke rumah sakit.

“Sehari sebelum kepulangan, kami sudah konfirmasi ke rumah sakit Arab apakah beliau bisa pulang bersama kami. Namun, dari dokter penanggungjawab di sana, dikatakan masih perlu dirawat inap,” kata dia.

Pejabat Humas Embarkasi Solo, Gentur Rachma Indriadi, menyampaikan pada Minggu dijadwalkan akan ada lima kloter yang tiba di tanah air.

“Kloter 1 Temanggung dijadwalkan tiba 00.50 WIB, kloter 2 Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang pukul 03.50 WIB, kloter 3 Kabupaten Magelang 09.45 WIB, kloter 4 Kabupaten Magelang pukul 13.45 WIB, dan kloter 5 Kabupaten Magelang dan Purworejo, pukul 18.20 WIB,” ujar dia, Minggu.

Para jemaah haji dijadwalkan bakal pulang mulai 23 Juni 2024 hingga 22 Juli 2024. Dia mengungkapkan jemaah haji yang telah diterbangkan ke Tanah Suci sebanyak 35.982 orang.

Gentur memerinci jemaah haji dari Jawa Tengah sebanyak 32.080 orang. Lalu, dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebanyak 3.402 haji dan 500 petugas.

Berdasarkan data PPIH Embarkasi Solo per 23 Juni 2024 terdapat 37 haji wafat di tanah suci. Diketahui ada 2 haji yang wafat di Embarkasi Solo. Lalu untuk jemaah sakit ada 16 orang di Tanah Suci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya