SOLOPOS.COM - Nanik Mulyani, calon haji asal Winong, Kecamatan/Kabupaten Boyolali, yang meninggal dunia di Tanah Suci, Selasa (18/6/2024), (Istimewa)

Solopos.com, BOYOLALI — Seorang calon haji asal Boyolali meninggal dunia saat menjalankan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci, Selasa (18/6/2024). Almarhumah bernama Nanik Mulyani, 66, warga Winong Baru RT 001/RW 021, Winong, Boyolali.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Boyolali, Taufiqur Rahman, menyampaikan almarhumah Nanik terbang ke Tanah Suci dalam rombongan I dan regu 2 Kloter 93. “Alamat di Winong Baru RT 001/RW 021, Winong, Boyolali,” jelasnya saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Selasa.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kemenag Boyolali, Sauman, membenarkan ada calon haji asal Boyolali yang meninggal dunia. “Saya masih menunggu keterangan dari ketua kloter terkait meninggalnya di mana, sakit apa, dan makamnya di mana,” ujar dia.

Nanik diketahui mengikuti bimbingan manasik haji di KBIHU NU Arofah Boyolali. Pengasuh KBIHU NU Arofah Boyolali, Mudzakir, pun membenarkan kabar meninggalnya Nanik. Mudzakir menjelaskan Nanik meninggal di Mina.

“Ini mau pindah dari Mina ke Makkah. Beliau memang kemarin sempat pingsan. Jadi setelah lempar jumrah hari kedua, informasinya beliau sempat dehidrasi terus pingsan. Tapi sudah membaik, tadi pagi sudah baik dan tidak masalah,” jelasnya.

Kemudian, sekitar pukul 11.00 WIB, Mudzakir mendapatkan telepon dari kawan satu regu yang meminta doa kesembuhan karena Nanik dalam kondisi kritis. Selang 45 menit kemudian, ia mendapatkan kabar lagi bahwa Nanik telah wafat.

Mudzakir menjelaskan Nanik berangkat bersama anak perempuannya. Rangkaian ibadah lebih lanjut termasuk lempar jumrah pada Selasa ini dibakdalkan oleh sang putri.

“Untuk riwayat sakit saya kurang paham, soalnya Bu Nanik aktif olahraga seperti senam. Namun, informasi keluarga beliau ada penyakit genetik, ada keluarga yang [sakit] sesak napas,” kata dia.

Mudzakir mengimbau agar para calon haji selalu menjaga kesehatan dan mengikuti peraturan petugas haji di Arab Saudi. “Jangan lupa sering minum karena cuaca panas. Hindari juga terpapar panas matahari langsung ketika siang hari. Saya anjurkan saat siang tidak perlu keluar dari hotel,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya