SOLOPOS.COM - Ketua Dewan Pembina Semar Desa yang juga Ketua Wantimpres, Jenderal Purn Wiranto, menyerahkan wayang kepada Ki Warseno Slenk saat menghadiri acara Pesta Rakyat Desa di Pura Mangkunegaran Solo, Kamis (27/6/2024) malam. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Jenderal Purn Wiranto, menghadiri acara Pesta Rakyat Desa dalam rangka milad satu tahun organisasi Semar Desa, di Pamedan Pura Mangkunegaran Solo, Kamis (27/6/2024) malam. Dia juga merupakan Dewan Pembina Semar Desa. Acara berlangsung meriah dibalut kentalnya nuansa tradisi.

Hadir juga dalam acara tersebut Ketua Umum Semar Desa, Ki Agung “Bakar” Setiyoko; Pj Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Komjen Pol Purn Nana Sudjana yang diwakili Kepala Dinsos Jateng, Imam Maskur; Sekjen Semar Desa, Anggun Mahardika, dan Pengageng Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunagoro X.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Acara puncak dalam rangka memeriahkan HUT ke 1 Semar Desa itu diisi dengan Pagelaran wayang kulit oleh Ki Dalang Warseno Slenk.

Pentas wayang semalam suntuk itu mengambil lakon Semar Mbangun Khayangan. Hadir juga keluarga besar organisasi Semar Desa dari berbagai wilayah di Tanah Air.

Dalam sambutan yang dibacakan Imam Maskur, Nana Sudjana mengatakan ada 7.809 desa di Jateng. Jumlah desa yang cukup banyak tersebut menjadi basis gerakan yang luar biasa besar. Kemampuan Semar Desa mengkolaborasi kekuatan desa pasti berpengaruh signifikan pada perubahan Jateng.

Sehingga menurut dia Semar Desa menjadi “Saka Guru” Jateng. Saka Guru adalah singkatan dari Strategis, Amanah, Kolaboratif, Adil, Gemi, Ubet, Rasional, dan Ubo Rampe. Delapan poin tersebut menurut Nana, dapat menjelaskan eksistensi Semar Desa.

Dalam kesempatan itu Nana menitipkan pantun untuk keluarga besar Semar Desa. “Terpukul martil sakit terasa, Memar membiru berbalut luka. Teruskan eksistensi Semar Desa, Saka guru pembangunan bangsa,”. Pantun itu berbalas tepuk tangan dari Semar Desa.

Sedangkan Ketua Umum Semar Desa, Ki Agung “Bakar” Setiyoko menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang hadir. Utamanya Dewan Pembina Semar Desa, Wiranto; Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana, dan Pengageng Pura Mangkunegaran, MN X.

“Senang sekali malam hari ini bisa di Pura Mangkunegaran Solo. Sekarang saudara-saudara kami sangat bahagia sekali bisa cerak ratu adoh watu [dekat ratu jauh dari batu]. Terima kasih sekali untuk KGPAA Mangkunagoro X. Juga terima kasih kepada Pak Pembina atas bimbingan selama ini,” kata dia.

Agung menjelaskan Semar Desa merupakan wadah bagi para mantan kepala desa, bayan, carik. “Yang kemarin ibaratnya sudah tidak laku, tidak punya nama, diangkat lagi, dipoles lagi, sampai mengkilap lagi. Harapannya lahir kembali dan bisa mengembangkan dan mengangkat potensi yang ada,” ungkap dia.

Sementara KGPAA Mangkunagoro X menyampaikan selamat datang kepada keluarga besar Semar Desa. Pura Mangkunegaran merupakan tempat yang penuh cerita, sejarah, tradisi, dan kebudayaan panjang. MN X merasa bangga bisa bertemu dengan keluarga besar organisasi Semar Desa.

“Saya ucapkan selamat ulang tahun yang pertama kepada Semar Desa, semoga ke depan bisa menjadi wadah yang terus memberikan manfaat untuk masyarakat, berkontribusi untuk masyarakat, berkarya dan mengangkat potensi yang ada. Semoga ke depan Semar Desa semakin maju dan besar,” harap dia.

Pernyataan senada disampaikan Wiranto dalam sambutannya. Dia menjelaskan di Indonesia ada 83.700 an desa. Artinya mayoritas penduduk Indonesia tinggal di desa. Sehingga posisi dan keberadaan desa menjadi sangat strategis dalam pembangunan. Desa harus terus didorong untuk bisa maju dan berkembang.

“Alangkah baiknya jika para mantan aparatur desa, terus disatukan, digerakkan membantu saudara-saudara di desa, membantu aparatur desa, membangun lagi wilayah. Sehingga lakon Semar Mbangun Khayangan ini tepat sekali. Diumpamakan khayangan itu Indonesia Emas 2045. Ini harapan kita,” terang dia.

Wiranto menyatakan Semar Desa bertekad untuk terus membantu pemerintah dalam memajukan bangsa. “Semar Desa akan terus membantu pemerintah. Pak Prabowo siap melanjutkan pembangunan untuk mencapai tataran lebih tinggi. Semar Desa membantu beliau membangun negeri,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya