SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, menandatangani prasasti peresmian kios desa di rest area pinggir jalan Jatinom-Klaten saat sambang warga di Desa Gatak, Kecamatan Ngawen, Kamis (20/6/2024). (Istimewa/Diskominfo Klaten)

Solopos.com, KLATEN — Bupati Klaten, Sri Mulyani, meresmikan kios di rest area milik Pemerintah Desa Gatak, Kecamatan Ngawen. Peresmian dilakukan bersamaan dengan kegiatan Sambang Warga di Rest Area Desa Gatak, Kamis (20/6/2024).

Rest area itu berada di tepi jalan Klaten-Jatinom antara Gayamprit dengan Ngupit. Lokasinya tak jauh dari jalan tol Solo-Jogja. Rest area berada di tepi jalan yang menjadi salah satu jalur alternatif dari Boyolali maupun dari Jogja.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Hari ini saya melanjutkan agenda sambang warga di Desa Gatak, Kecamatan Ngawen, sekaligus meresmikan kios desa di rest area yang dibangun oleh pemerintah desa,” kata Sri Mulyani saat ditemui wartawan seusai kegiatan sambang warga.

Mulyani mengapresiasi inisiatif pemerintah desa serta warga setempat membangun rest area yang dilengkapi kios pedagang. Pembangunan tersebut diharapkan bisa memberikan manfaat terhadap perekonomian warga setempat.

“Ini merupakan pembangunan yang bermanfaat dan tentu membantu menggerakkan perekonomian masyarakat. Meskipun nanti di exit toll ada rest area, tentunya masyarakat di sini juga akan merasakan manfaatnya,” ungkap Mulyani.

Kepala Desa (Kades) Gatak, Sumarno, menjelaskan rest area itu dikembangkan sejak delapan tahun lalu. Pembangunan rest area itu sejak masa kepemimpinan Kades sebelumnya dan dilanjutkan pada periode kali ini. Rest area sudah dioperasikan dan dimanfaatkan warga untuk berjualan kuliner.

“Ini terus dikembangkan dan segala kegiatannya kami optimalkan. Untuk kios yang ada di Druju ada 14 unit. Insyaallah akan dioptimalkan untuk warga,” kata Sumarno.

Sebagai informasi, Sambang Warga merupakan program inisiatif Pemkab Klaten sejak masa kepemimpinan Bupati Klaten, Sri Mulyani. Kegiatan itu setiap tahunnya digelar rutin menyambangi satu desa di setiap kecamatan untuk menyerap aspirasi.

Pada kesempatan itu, Bupati Klaten bersama rombongan pejabat mendengarkan langsung keluhan warga agar bisa segera ditindaklanjuti selain untuk mempererat silaturahmi dengan warga Kabupaten Bersinar.

Selain sebagai kegiatan serap aspirasi, Sambang Warga membawa berbagai pelayanan di lokasi kegiatan. Pelayanan itu seperti administrasi kependudukan (adminduk), pelayanan kesehatan dari RSUD Bagas Waras Klaten, perpustakaan keliling, hingga pelayanan perizinan dari DPMPTSP Klaten bernama Jempol Manis atau jemput pelayanan online gratis.

Pada kegiatan Sambang Warga juga diserahkan berbagai bantuan mulai dari paket sembako, beasiswa, kursi roda, jambanisasi, dan bantuan-bantuan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya