SOLOPOS.COM - Atlet cabor tinju asal Sukoharjo meraih medali emas di ajang Popda Jateng 2024 di Kota Semarang, Minggu (23/6/2024). (Istimewa/Vika Aryanto)

Solopos.com, SUKOHARJO–Kontingen Kabupaten Sukoharjo menyodok ke posisi tiga besar klasemen sementara perolehan medali Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Jawa Tengah 2024 di Kota Semarang.

Hingga Minggu (23/6/2024) malam, atlet-atlet asal Kabupaten Jamu meraih tujuh medali emas, dua medali perak, dan satu medali perunggu.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kontingen Kabupaten Sukoharjo menempati ranking tiga di bawah kontingen Kota Semarang di peringkat dua dan Kota Solo di peringkat satu. Kontingen Kota Semarang meraih 10 medali emas, 12 medali perak, dan delapan medali perunggu.

Sedangkan, kontingen Kota Solo menyabet 15 medali emas, 11 medali perak, dan 14 medali perunggu.

Subkoordinator Pengembangan Iptek dan Peningkatan Prestasi Olahraga Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Sukoharjo, Vika Aryanto, mengatakan medali emas pertama disumbangkan oleh Fadilla dan Alifenia yang bertanding di kelas ganda putri badminton.

“Kami mengapresiasi perjuangan para atlet muda yang menorehkan prestasi gemilang di ajang Popda Jawa Tengah 2024,” kata dia, Senin (24/6/2024).

Perolehan medali kontingen Kabupaten Sukoharjo bertambah setelah tiga atlet taekwondo menyabet medali emas.

Mereka masing-masing Kusuma Ayu Proboningrum di kategori freetyle poomsae putri, Lutfi Aryanto kategori freestyle poomsae putra, dan Azzahra Shifa Chairunnisa yang turun di kategori under 68 kilogram putri.

Tambahan medali emas lainnya disumbangkan tiga atlet putra dan putri yang berlaga di cabor tinju. “Tiga atlet putra dan putri yang meraih medali emas, yakni Meisya Kusumawardani, Franchisco Ibrahimofik, dan Aldo Nugroho Dorong Seda,” ujar dia.

Total jumlah medali sementara yang dikoleksi kontingen Sukoharjo sebanyak 10 medali. Kemungkinan, perolehan medali bertambah lantaran beberapa cabor lainnya dipertandingkan pada 24-27 Juni.

Menurut Vika, pencapaian torehan medali yang diraih para atlet muda Kabupaten Sukoharjo di luar dugaan. Mereka mampu bertanding maksimal dan mengungguli para atlet dari daerah lain di Jawa Tengah.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid)  Keolahragaan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Sukoharjo, Yudi Saharjo mengatakan  jumlah kontingen Sukoharjo sebanyak 76 atlet dan 34 pelatih dan official.

Ajang Popda Jawa Tengah dilaksanakan berdasarkan kriteria kelompok umur. Kontingen Sukoharjo menargetkan mampu memperbaiki posisi rangking di jajaran 10 besar.

Kontingen Sukoharjo bakal berlaga di 18 cabor di ajang Popda Jawa Tengah 2024 di Kota Semarang. Ajang Popda Jawa Tengah 2024 dibagi dua tahap.

Tahap I dilaksanakan pada 20 Juni-23 Juni. Sedangkan, tahap II dilaksanakan pada 24 Juni-27 Juni. “Semoga ada tambahan medali emas sehingga Kabupaten Sukoharjo bisa bersaing dengan Kota Semarang dan Kota Solo,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya