SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala daerah. (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR-Menjelang Pilkada Karanganyar, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) akan melakukan penjaringan dan survei internal.

Penjaringan dan survei dilakukan untuk menentukan dukungan bakal calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) di Pilkada Karanganyar.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Ketua DPD PSI Karanganyar Budi Santoso mengatakan PSI menyadari pentingnya Pilkada sebagai bagian dari proses demokrasi yang sehat dan transparan. Dalam rangka memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat, partai yang dinahkodai putra Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep ini akan menentukan arah politik di Pilkada Karanganyar.

“Sejauh ini PSI Karanganyar, belum menentukan arah dukungan terhadap siapapun calon. Kami akan mengadakan diskusi, survei, dan dialog dengan berbagai elemen masyarakat untuk memahami kebutuhan dan harapan mereka dulu,” katanya kepada Solopos.com, Selasa (11/6/2024).

Dia mengatakan PSI berkomitmen untuk menjaga dan mengawal nilai-nilai demokrasi dalam setiap tahapan Pilkada Karanganyar. PSI sangat mendukung penuh pelaksanaan pilkada yang jujur, adil, dan bebas dari segala bentuk kecurangan serta intimidasi.

Terkait kriteria dan dukungan, PSI menetapkan kriteria bagi calon kepala daerah yang akan didukung. Di antaranya memiliki integritas tinggi, rekam jejak yang bersih, kemampuan manajerial yang mumpuni, dan visi-misi sejalan dengan prinsip-prinsip dasar partai serta aspirasi masyarakat.

“Dalam penekanan program kerja, PSI akan fokus pada program kerja calon kepala daerah yang menawarkan solusi konkret dan realistis terhadap permasalahan di daerah,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa PSI mengutamakan program yang pro rakyat, berkelanjutan, dan mampu membawa perubahan positif bagi masyarakat. Dikatakannya, dalam setiap langkah dan keputusan yang diambil, PSI berkomitmen untuk tetap transparan dan akuntabel kepada publik. PSI akan menyampaikan perkembangan proses pengambilan keputusan kepada masyarakat secara terbuka.

Untuk koalisi sendiri, dia menambahkan, PSI terbuka untuk menjalin koalisi dengan partai politik lain dengan memiliki visi dan misi yang sejalan. Kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat posisi dan strategi dalam Pilkada.

Sebagaimana diketahui sebelumnya DPD PSI Karanganyar masuk dalam daftar 10 partai non parlemen (tidak meraih kursi DPRD) yang mendukung Ketua DPD II Partai Golkar Ilyas Akbar Almadani sebagai bakal cabup Karanganyar. Namun PSI tak menghadiri acara deklarasi dukungan partai non Parlemen untuk Ilyas Akbar Almadani yang dilaksanakan di halaman Resto Me Besari di Jl Raya Lawu Karanganyar pada Minggu (19/5/2024) pagi.

Dalam deklarasi itu sembilan partai non parlemen yang menamakan diri Gasppol (Gabungan Suara Partai Politik) resmi menyatakan dukungan ke Ketua DPD II Partai Golkar Karanganyar Ilyas Akbar Almadani sebagai calon bupati (cabup). Ke sembilan parpol pendukung Ilyas masing-masing Partai Hanura, Partai Perindo, Partai Umat, Partai Prima, Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Garuda, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

Ketua Gasppol, Joko Rianto mengatakan ada 10 parpol non parlemen yang siap memberi dukungan untuk Ilyas Akbar Almadani. Namun satu parpol yakni PSI masih tarik ulur karena menunggu rekomendasi DPP PSI.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya