SOLOPOS.COM - Ilustrasi penerimaan peserta didik baru atau PPDB. (Dok Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI — Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMP baik negeri maupun swasta di Kabupaten Boyolali bakal dibuka pada akhir Juni 2024 ini. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Boyolali sudah mengeluarkan Surat Keputusan (SK) terkait PPDB tersebut.

SK Kepala Disdikbud Boyolali Nomor 400.3/2618/4.1/2024 itu berisi Petunjuk Operasional Standar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Boyolali Tahun Pelajaran 2024/2025. Surat itu bertanda tangan Kepala Disdikbud Boyolali, Supana.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Berdasarkan salinan SK yang diterima Solopos.com, Selasa (11/6/2024), ada penjelasan terkait jalur PPDB SMP negeri di Boyolali, pengumuman pendaftaran, jadwal dan pelaksanaan PPDB SMP Negeri, persyaratan PPDB, PPDB SMP swasta, dan lain-lain.

Tercatat ada empat jalur PPDB SMP negeri di Boyolali yaitu jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua atau wali, dan jalur prestasi. Zonasi adalah sistem pengaturan proses PPDB sesuai wilayah tempat tinggal.

Jalur afirmasi diperuntukkan calon peserta didik baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu dan/atau penyandang disabilitas.

Jalur perpindahan tugas orang tua atau wali murid dibuktikan dengan surat penugasan dari instansi, lembaga, kantor, atau perusahaan yang mempekerjakan orang tua. Surat tersebut paling lama satu tahun sebelum tanggal pendaftaran PPDB.

Kemudian, jalur PPDB prestasi yakni jalur yang menggunakan seleksi prestasi calon peserta didik. Jalur ini menggunakan rapor dan piagam kejuaraan yang telah diverifikasi Disdikbud Boyolali.

Kuota Per Jalur

Sekretaris Disdikbud Boyolali, Lasno, menyampaikan jalur zonasi berdasarkan koordinat dari satu titik di wilayah RT ke sekolah. Bisa di rumah Ketua RT atau titik mana saja di wilayah tempat tinggal calon siswa ke sekolah.

Sekolah juga membuat peta wilayah masing-masing dengan harapan semua wilayah terjangkau untuk zonasi. “Kuota jalur zonasi minimal 50%. Kuota jalur mutasi orang tua kuota maksimal 5%, termasuk diperuntukkan anak yang orang tuanya guru atau mengajar di satu sekolah,” ujarnya saat ditemui Solopos.com di kantornya, Selasa siang.

Kemudian untuk jalur afirmasi maksimal 15% dan jalur prestasi maksimal 30% daya tampung dan menggunakan nilai rapor tiga mata pelajaran yaitu IPA, Matematika, dan Bahasa Indonesia, mulai dari kelas IV, V, dan semester I kelas VI. Kuota jalur prestasi yang tidak terpenuhi bakal dipenuhi lewat jalur zonasi.

Dari pengalaman 2023, ia tak menampik ada beberapa SMP yang kuota rombongan belajarnya tidak terpenuhi, seperti SMPN 2 Klego, SMPN 2 Nogosari, SMPN 2 Sambi, SMPN 2 Karanggede, dan SMPN 2 Selo.

“Soalnya wilayah jangkauannya sudah habis. Sebagian besar sudah masuk di SMP sekitarnya. Contoh di SMPN 1 Nogosari dan SMPN 2 Nogosari jaraknya tidak terlalu jauh. Lalu di sebelahnya ada MTs yang kelasnya cukup besar, lalu di selatannya ada SMPN 1 Ngemplak,” kata dia.

Ia juga mencontohkan lagi SMPN 2 Selo dua rombongan belajar yang dibuka tidak penuh. Lalu, SMPN 2 Sambi juga dua rombel tidak penuh. Padahal, mereka memiliki lebih dari dua rombel.

Jadwal PPDB

Di SMPN 2 Sambi, lanjut Lasno, di sebelah barat ada SMPN 1 Kaliwungu lalu selatan ada MTs, dan di timur ada SMPN 1 Simo. Sehingga tangkapannya hanya dari desa sekitar.

Selanjutnya, ia mengatakan penambahan rombongan belajar di setiap sekolah tidak diperbolehkan. Berdasarkan SK Disdikbud Boyolali terkait PPDB SMP, satu sekolah maksimal memiliki tiga rombel dan maksimal 33 rombel. Maksimal per tingkat ada 11 rombel dengan satu rombongan belajar ada 32 siswa.

Ada pun jadwal pelaksanaan PPDB SMP negeri di Boyolali yakni sebagai berikut:

Verifikasi piagam kejuaraan: 19-25 Juni 2024

Pendaftaran daring lewat satuan pendidikan:

  • Jalur Prestasi: 24-26 Juni 2024
  • Jalur Afirmasi: 24-26 Juni 2024
  • Jalur Mutasi Orang Tua: 24-26 Juni 2024
  • Zonasi: 1-3 Juli 2024

Pengumuman seleksi:

  • Jalur afirmasi, mutasi, dan prestasi: 27 Juni 2024
  • Jalur zonasi: 5 Juli 2024

Pendaftaran ulang: 8-10 Juli 2024

Awal Tahun Ajaran 2024/2025: 22 Juli 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya