SOLOPOS.COM - Pekerja menyelesaikan pembangunan Pasar Jongke di Jl Dr Radjiman, Kecamatan Laweyan, Solo, Kamis (27/6/2024). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Pembangunan Pasar Jongke di Kelurahan Pajang, Kecamatan Laweyan, Solo, hampir selesai, Kamis (27/6/2024). Pasar Jongke rencananya diresmikan Agustus 2024.

Pantauan Solopos.com, Kamis (27/6/2024), pagar proyek Pasar Jongke sudah dilepas. Sudah ada beberapa tanaman di muka Pasar Jongke. Para pekerja fokus pada pekerjaan landskap. Salah satunya pembangunan jalur pejalan kaki.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Kepala Bidang (Kabid) Sarana Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Solo, Joko Sartono menjelaskan progres pembangunan mencapai 98,175 persen per 15 Juni sampai 22 Juni 2024.

Ditanya kapan peresmian dan bagaimana persiapan memindahkan pedagang dari pasar darurat ke Pasar Jongke, Joko belum memberikan jawaban.

Terpisah, Lurah Pasar Jongke, Anang Banto, menjelaskan belum ada pembagian kunci los/kios kepada para pedagang Pasar Jongke sejauh ini. Rencananya pembagian kios/los dilakukan sekitar pekan ketiga atau keempat Juli 2024.

Ketua Paguyuban Pasar Jongke Lasbiyanto membenarkan rencana pembagian kios pada Juli 2024. Sedangkan rencana peresmian Pasar Jongke dilakukan Pemkot Solo pada Agustus 2024.

“Untuk rencana pemindahan pada Juli. Pekan kedua ada pembagian nomor los dan kios. Untuk pekan ke-3 pembagian kuncinya. Dan Agustus rencana peresmian,” jelas dia.

Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui platform X @pupr_ciptakarya menjelaskan pembangunan Pasar Jongke meliputi pekerjaan struktur, arsitektur, infrastruktur, dan mekanikal elektrikal.

Bangunan pasar berdiri di atas lahan seluas 17,414 m2 dengan desain bangunan bertingkat tiga lantai yang terdiri atas 1.601 unit kios, los, dan workshop.

Pembagian setiap lantainya terdiri dari lantai satu sebanyak 40 kios dan tujuh kios gilingan serta 669 los dan 16 los arang. Selanjutnya lantai dua terdiri dari 88 kios dan 477 los. Untuk lantai tiga digunakan sebagai kios kuliner sebanyak 32 unit serta 19 unit workshop dan 253 pelataran.

Pelaksana proyek Pasar Jongke merupakan PT Sinar Cerah Santosa dengan nilai kontrak Rp124.649.298.000. Pembangunan dilakukan 360 hari. Masa pemeliharaan hasil pekerjaan adalah 180 hari.

Pasar Jongke adalah salah satu program dari 17 titik pembangunan prioritas Kota Solo pada masa Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa. Teguh kerap melakukan sidak ke Pasar Jongke.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya