SOLOPOS.COM - Sejumlah pimpinan partai politik (Parpol) nonparlemen bergandengan tangan seusai pertemuan membahas peluang koalisi di DPC Partai Gerindra Solo, Minggu (23/6/2024) sore. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Dinamika politik mendekati Pilkada Solo 2024 semakin menarik. PDI Perjuangan (PDIP) berpotensi dikeroyok dalam pesta demokrasi lima tahunan itu.

Hal tersebut terlihat dari dinamika politik dua terakhir di Solo. Pada Sabtu (22/6/2024) pimpinan enam parpol di Solo melakukan pertemuan untuk penjajakan koalisi. Enam parpol itu yakni PSI, Partai Gerindra, PAN, Partai Golkar, PKB, dan PKS.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Enam parpol itu merupakan partai yang mendapatkan kursi di DPRD Solo berdasarkan Pemilu 2024. Sehari berselang, Minggu (23/6/2024) sore, berlangsung pertemuan partai-partai politik nonparlemen di Kantor DPC Partai Gerindra Kota Solo.

Pertemuan diinisiasi oleh Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno. Hadir dalam pertemuan itu Ardianto Kuswinarno, Ketua DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto; Ketua DPC PPP Solo, Edy Jasmanto, dan perwakilan partai lainnya.

Ada tujuh parpol nonparlemen yang menghadiri pertemuan tersebut. Mereka yaitu Partai Demokrat, PPP, Partai Perindo, Partai Gelora, Partai Prima, Partai Bulan Bintang (PBB), dan Partai Garuda. “Kami melakukan penjajakan koalisi,” ujar Ardianto.

Menurut dia, hasil pertemuan tersebut sudah mengerucut ke arah koalisi bersama. “Alhamdulillah hasil pertemuan sore ini sudah mengarah, mengerucut ke terbentuknya koalisi bersama. Ya sudah mengarah ke 65 persen koalisi,” urai dia.

Disinggung figur yang akan diusung koalisi bersama partai-partai politik, menurut Ardianto, sudah ada empat pendaftar yang masuk ke DPC Partai Gerindra Solo. Mereka yaitu Astrid Widayani, Sekar Tandjung, Diah Warih Anjari, serta Heru CN.

Namun, diakui dia ada kemungkinan juga sosok KGPAA Mangkunagoro X maju atau diusung sebagai bakal Cawali Solo. Bahkan nama MN X sudah masuk dalam pembicaraan dalam pertemuan itu. Sosok MN X bisa diterima perwakilan semua parpol.

Dengan dinamika yang terjadi, Ardianto tidak menampik potensi terjadinya pertarungan head to head di Pilkada Solo 2024. Koalisi bersama partai-partai akan melawan poros politik PDI Perjuangan (PDIP). “Kami sangat siap menghadapi PDIP,” kata dia.

Kian santernya kabar KGPAA Mangkunagoro X akan maju sebagai Cawali Solo di Pilkada 2024 semakin menarik untuk dicermati. Bahkan sejumlah Parpol siap mengusung sosok yang belakangan ramai disebut sebagai “Mas Mas Jawa Premium” itu.

Seperti disampaikan Ketua DPA PAN Solo, Achmad Sapari, kepada Solopos.com.“Iya kami dukung [jika MN X maju]. Tapi sekarang Mas Wali Kota [Gibran Rakabuming Raka] belum menyampaikan siapa. Kalau nanti benar Gusti Bhre yang diusung, kami mendukung banget,” ujar dia.

Namun, Sapari menyatakan sejauh ini belum ada petunjuk atau arahan untuk mengusung figur yang mana. Sehingga PAN Solo tetap menunggu arahan. “Sehingga tetap kami menunggu siapa yang akan diajukan,” sambung dia.

Berdasarkan dinamika hingga saat ini, Sapari menjelaskan sudah ada dua figur yang membangun komunikasi politik dengan PAN Solo. “Sejauh ini baru dua tokoh ya, Mbak Sekar Tandjung dan Mbak Astrid,” tutur dia.

Penuturan senada disampaikan Ketua DPD PSI Jawa Tengah (Jateng), Antonius Yogo Prabowo. Yoga, panggilan akrabnya, mengatakan siap mengusung bila MN X benar-benar akan maju sebagai Cawali di Pilkada 2024.

Sebab, menurut dia, MN X merupakan figur muda yang telah menunjukkan kapasitas, kapabilitas dan integritasnya. “Bila Gusti Bhre [MN X] memang akan maju, kami tentu sangat senang, kami dukung,” tandas dia.

Yoga meyakini pembangunan Solo akan berkelanjutan bila Wali Kota Solo 2024 dipimpin oleh MN X. “Sangat penting memastikan keberlanjutan pembangunan Solo ke depan demi kemajuan dan kesejahteraan warga,” kata dia.

Berdasarkan catatan Solopos.com, sosok MN X santer disebut-sebut bakal maju Pilkada Solo 2024. Sinyalemen itu semakin kuat seiring kian gencarnya kegiatan MN X beberapa waktu terakhir. Tapi MN X tak mendaftarkan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya