SOLOPOS.COM - Petugas Pantarlih melakukan coklit di rumah dinas bupati Boyolali, M. Said Hidayat, Selasa (25/6/2024). (Solopos.com/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI–Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) data keluarga Bupati-Wakil Bupati Boyolali, M. Said Hidayat-Wahyu Irawan atau Iwan, Selasa (25/6/2024).

Kegiatan coklit tersebut dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Boyolali 2024.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) didampingi komisioner KPU Boyolali dan Bawaslu Boyolali mendatangi rumah dinas bupati Boyolali pada Selasa sore.

Setelah melaksanakan coklit, rumah dinas ditempeli stiker penanda bahwa data keluarga yang menempati rumdin itu telah dilakukan pencocokan dan penelitian. Sehingga, datanya telah valid terdaftar dan bisa menggunakan hak pilih dalam Pilkada 2024.

“Pak Bupati dan keluarga terdaftar di TPS 03 Siswodipuran, sedangkan Pak Wakil dan keluarga terdaftar di TPS 03 Desa Metuk, Kecamatan Mojosongo,” ujar Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU Boyolali, Muhammad Rohani, saat dimintai konfirmasi Solopos.com, Rabu (26/6/2024).

Berdasarkan rilis yang diterima Solopos.com pada Rabu, Rohani mengatakan tahapan coklit sangat penting karena sebagai dasar untuk memastikan dan memutakhirkan jumlah daftar pemilih  pada Pilkada 2024. Sehingga, ia berharap pelaksanaan coklit dapat sesuai jadwal yaitu 24 Juni-24 Juli 2024.

“Kami menargetkan satu bulan masa kerja untuk Pantarlih ini. Walaupun bekerja sebulan, kami menargetkan tiga pekan pertama itu untuk proses coklit. Saat ini mulai tanggal 24 juni 2024 untuk tahapan pencocokan dan penelitian daftar pemilih,” katanya.

Rohani meminta masyarakat turut serta menyukseskan tahapan coklit dengan memberikan data yang benar ke petugas.

Selama tahapan coklit, masyarakat akan didatangi petugas yang mengenakan seragam Pantarlih. Saat didatangi, masyarakat akan diminta menyiapkan fotokopi kartu keluarga (KK) dan KTP terbaru.

Sementara itu, Bupati Said mengajak masyarakat Boyolali untuk mempersiapkan data yang akan dicoklit dan menyukseskan tahapan Pilkada 2024.

“Semoga kegiatan coklit ini berjalan lancar dan sesuai jadwal,” harap Said.

Diketahui, sebanyak 3.115 petugas Pantarlih bakal melaksanakan coklit data pemilih Pilkada 2024 dengan mendatangi rumah warga satu satu per satu.

Nantinya setelah selesainya tahapan coklit, tahapan selanjutnya yakni penyusunan daftar pemilih hasil coklit oleh PPS. Kemudian penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS), Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP), Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Diketahui pada Pilkada 2024 ini, Kabupaten Boyolali akan memiliki 1.590 Tempat Pemungutan Suara (TPS) reguler dan 1 TPS lokasi khusus yang tersebar di 22 kecamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya