SOLOPOS.COM - Pengurus DPC PDIP Karanganyar menjalin pertemuan dengan DPD PKS Karanganyar di kantor PKS setempat pada Selasa (11/6/2024). (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR-DPC PDIP Karanganyar mulai melakukan safari ke partai-partai politik dalam upaya penjajakan menjaring koalisi di Pilkada Karanganyar 2024.  Partai berlambang banteng moncong putih ini mengawali safari politiknya ke DPD PKS Karanganyar pada Selasa (11/6/2024).

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Ketua DPC PDIP Karanganyar Bagus Selo memimpin kunjungannya bersama jajaran pengurus DPC dan Fraksi PDIP. Rombongan tiba di kantor Sekretariat DPD PKS Karanganyar pukul 12.45 WIB.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Dengan memakai seragam PDIP berwarna merah, rombongan diterima hangat Ketua DPD PKS Karanganyar Anwar Susilo didampingi jajaran pengurus PKS. Safari ini menjadi sejarah di Karanganyar, PDIP menyambangi DPD PKS Karanganyar.

Pertemuan politik PDIP dan PKS Karanganyar ini terlihat santai dan lebih banyak diwarnai guyonan politik sehingga menambah suasana makin cair. Dibuka dengan acara makan bersama menu yang disajikan berupa ayam goreng, oseng-oseng godong kates, mi goreng, dan tengkleng. Selepas makan siang, acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mars partai masing-masing.

Ketua DPC PDIP Bagus Selo mengatakan kedatangannya selain bersilaturahmi juga menjajaki koalisi di Pilkada Karanganyar. Dia menyampaikan ada harapan pertemuan ini berlanjut dan bersama-sama di Pilkada Karanganyar.

“Kedatangan kami ke sini mengingatkan PDIP di kantor lama. Dimana saat PKS datang ke kantor DPC PDIP lama, masih sumuk [belum ada AC]. Mudah-mudahan kedatangan kami ke sini, PKS bisa membangun kantor seperti PDIP sekarang,” kata Bagus Selo membuka sambutannya yang disambut dengan gelak tawa.

Bagus Selo mengaku merinding saat mendengar mars PKS. Dari mars tersebut menunjukkan ada rasa yang sama untuk memajukan Kabupaten Karanganyar. Selain itu sama nasib kalah di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 lalu. Bagus Selo ingin mematahkan stigma PDIP dan PKS tak pernah bersatu, karena itu ada harapan dengan silaturahmi ini.

“Nawaitu kita sama untuk Kabupaten Karanganyar lebih baik dan maju. Hari ini misi kami menambah tenaga Marhaens,” katanya.

Bagus Selo mengatakan tidak menutup kemungkinan PDIP dan PKS akan berkoalisi di kontestasi Pilkada Karanganyar 2024. Dia berharap ada komunikasi lanjutan setelah pertemuan ini. Saat ini, PDIP Karanganyar masih menunggu hasil rekomendasi DPP PDIP dalam Pilkada Karanganyar.

Ketua DPD PKS Karanganyar Anwar Susilo menyampaikan sangat tersanjung dihadiri jajaran pengurus DPC PDIP Karanganyar. Agenda ini menjadi pertama kali dari PDIP ke PKS Karanganyar.

“Kami cukup tersanjung dengan kedatangan safari politik PDIP ke sini. Mudah-mudahan ini terus berlanjut,” kata dia.

Terkait dengan Pilkada, PKS sangat membuka peluang kerjasama dengan PDIP. Dia mengatakan kerjasama tidak hanya di Pilkada saja, namun di legislatif nanti. Di kesempatan itu, dia juga menjelaskan PKS yang tak mengembalikan berkas pendaftaran bakal calon wakil bupati (cawabup) di DPC PDIP Karanganyar kemarin. PKS sedianya akan mengembalikan berkas lamaran cawabup namun internal PKS belum menentukan satu nama yang akan didaftarkan.

“Tapi kami berharap ada kerjasama dengan PDIP. Karena kita juga pernah koalisi dengan PDIP saat Pilkada di era Bupati Karanganyar Rina Iriani dan Paryono,” katanya.

Sekretaris DPD PKS Karanganyar Darwanto memastikan PKS serius menjalin komunikasi politik dengan PDIP untuk memenangkan Pilkada serentak 2024. Hal ini dibuktikannya dengan paling awal mengambil formulir pendaftaran. Langkah ini juga mematahkan stigma PKS mustahil bermitra koalisi dengan PDIP. Penentuan calon PKS untuk Pilbup Karanganyar dipastikannya berdasar pertimbangan format koalisi mulai pusat dan Pilgub Jateng.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya