SOLOPOS.COM - Kadiv Hukum dan Pengawasan KPU Jateng, Muslim Aisa, saat memberikan paparan dalam rapat kerja KPU di Sukoharjo, 12-14 Juni 2024. (KPU Jateng)

Solopos.com, SUKOHARJO — Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Tengah atau KPU Jateng menyelenggarakan Rapat Kerja Evaluasi Tahapan Pelaporan Dana Kampanye dan Evaluasi Bidang Teknis Lainnya pada Pemilu 2024. Acara ini berlangsung di Hotel Grand Mercure, Sukoharjo, Rabu-Jumat (12-14/6/2024).

Rapat kerja ini dihadiri jajaran Ketua, Anggota Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Kasubbag Tekmas, serta operator dari 35 KPU kabupaten/kota di Jateng.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Acara dibuka Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah, Handi Tri Ujiono. Dalam sambutannya, Handi menyampaikan pentingnya evaluasi sebagai upaya untuk mengumpulkan informasi dan menganalisis antara kondisi ideal dan kenyataan di lapangan.

Handi juga mengapresiasi kerja keras seluruh jajaran mulai dari awal tahapan pemilu hingga proses penyelesaian perselisihan hasil pemilu (PHPU). “Ada 106 putusan di Mahkamah Konstitusi, di mana 44 dikabulkan dan sisanya ditolak. Alhamdulillah, di Jateng tidak ada kasus, bahkan 3 daerah pemilihan yang diajukan ditolak. Jateng menjadi salah satu provinsi dengan proses rekap mulai dari kabupaten/kota sampai tingkat provinsi yang tercepat dan tanpa persoalan sengketa yang berlanjut,” ujar Handi.

Peserta Raker Evaluasi Tahapan Pelaporan Dana Kampanye dan Evaluasi Bidang Teknis Lainnya pada Pemilu 2024 yang digelar KPU Jateng di Hotel Grand Mercure, Sukoharjo, 12-14 Juni 2024. (KPU Jateng)

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan pembahasan materi tentang Pelaporan Dana Kampanye dan Evaluasi Teknis Pemilu 2024 yang dikemas dalam bentuk talkshow. Narasumber dalam sesi ini adalah Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Muhammad Machruz; Kadiv Hukum dan Pengawasan, Muslim Aisha; Anggota Bawaslu Jateng, Sosiawan; dan perwakilan dari Ikatan Akuntan Publik Indonesia (IAPI).

Agenda hari kedua melanjutkan pembahasan tentang Pelaporan Dana Kampanye dan Evaluasi Teknis Pemilu 2024. Para peserta juga dibagi dalam kelas diskusi untuk membahas Daftar Isian Masalah (DIM) pelaksanaan tahapan bidang teknis pada Pemilu 2024. Selain itu, hari kedua juga diisi dengan evaluasi kapasitas penyelenggaraan dan pelatihan motivasi serta komunikasi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas penyelenggara pemilu.

Rangkaian acara ini ditutup oleh Kadiv Perencanaan dan Logistik, Basmar Perianto Amron. Dalam penutupannya, Basmar berharap acara ini dapat bermanfaat dan menjadi wadah evaluasi bersama terhadap pelaksanaan pemilu 2024 serta persiapan untuk pilkada serentak 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya