SOLOPOS.COM - Pemimpin Pura Mangkunegaran Solo, KGPAA Mangkunagoro X, berfoto bersama pengunjung pusat kuliner di Lantai II Pasar Gede Solo, saat berkunjung ke tempat itu, Rabu (26/6/2024) siang. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO—Pemimpin Pura Mangkunegaran Solo, KGPAA Mangkunagoro X, berkunjung ke pusat kuliner di Lantai II Pasar Gede Solo, Rabu (26/6/2024) siang.

Dia tiba di tempat itu sekitar pukul 13.00 WIB, dan mengambil posisi duduk di tengah. Dia pun memesan makan dan minum. Sejumlah pedagang dan pengunjung yang merasa penasaran pun mendekat. Mereka juga meminta berfoto bersama.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

MN X ditemani beberapa orang dan berbincang santai sembari menikmati makanan. Selama makan beberapa kali dia melayani permintaan swafoto dari para pengunjung. Dengan sabar dan telaten dia melayani semua permintaan untuk berfoto bersama.

“Tadi makan siang saja. Janjian sama teman-teman di sini, makan siang. Sekalian ternyata bertemu banyak pengunjung di Pasar Gede. Macam-macam mas ada yang dari Semarang, Banten, Bandung juga,” tutur dia saat diwawancara wartawan.

MN X menyebut perkembangan Pasar Gede saat ini luar biasa sekali. Sebab selain sebagai tempat jual-beli barang, Pasar Gede bisa menjadi wadah berkumpul banyak orang. Mereka juga berasal dari berbagai daerah dan latar belakang yang berbeda.

“Ternyata luar biasa sekali Pasar Gede sekarang. Tentunya menjadi wadah yang luar biasa sekali, tempat yang bersejarah, heritage yang kuat. Tapi fungsinya juga bisa beradaptasi mengikuti dengan perkembangan zaman belakangan ini,” terang dia.

MN X mencontohkan pusat kuliner atau jajanan di Lantai II Pasar Gede Solo yang diisi banyak sekali pedagang. Selama berkunjung di situ MN X menyantap arem-arem, western food olahan The Frech Press (TFP) Kopi Warung, dan minum es teh.

“Tadi saya makan dari arem-arem, es teh, dan menu dari TFP. Jadi apa namanya makanan barat ya, dan makanan lokal ada semua di sini. [Rasanya] Woh enak, enak. Saya sering juga ke Pasar Gede sebetulnya. Dulu ngopi di tempat teman,” aku dia.

Walau merupakan pemimpin Pura Mangkunegaran, MN X tampak tidak terganggu menyantap makanan di tempat ramai seperti pusat kuliner Lantai II Pasar Gede. Dengan luwes dia menikmati hidangan sembari mendengarkan cerita beberapa orang.

“Tadi sambil dengar cerita tentang bagaimana perkembangan di Pasar Gede, dan pasar Solo pada umunya. Yah insight-insight yang menarik sekali, banyak sekali, tentunya jadi pelajaran buat saya. Banyak perkembangan banyak hal bagus,” terang dia.

MN X berharap hal-hal bagus yang sudah dibangun di Pasar Gede bisa dipertahankan dan dilanjutkan. Dari perbincangan santai sembari makan itu MN X mencatat pentingnya perkembangan-perkembangan yang terjadi Solo untuk dilanjutkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya