SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bersama Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa pada acara tasyakuran hari jadi ke-78 Pemkot Solo di Taman Balekambang, Solo, Rabu (19/6/2024) malam. (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO–Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan merotasi jabatan dalam rangka mutasi maupun promosi dalam waktu dekat. Hampir 100 aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Solo akan dirotasi.

“Pasti kami terus berproses, mengevaluasi diri, nanti juga banyak posisi-posisi strategis yang akan diisi oleh orang-orang baru. Pekan depan, pekan depan ya, ditunggu saja,” kata Gibran ditemui wartawan pada acara tasyakuran hari jadi ke-78 Pemkot Solo di Taman Balekambang, Solo, Rabu (19/6/2024) malam.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Ditemui terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Solo, Dwi Ariyatno menjelaskan Pemkot Solo telah mempersiapkan pengisian jabatan di lingkungan Pemkot Solo sejak beberapa bulan terakhir.

“Khususnya proses eselon II [kepala dinas, kepala badan, maupun asisten pada Setda Solo] ada mekanisme yang ditempuh baik seleksi terbuka maupun rotasi mutasi. Proses administrasi sudah diselesaikan dengan rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara di Jakarta,” kata dia ditemui Solopos.com di Balai Kota Solo, Selasa (25/6/2026) siang.

Kemudian, kata Dwi, Pemkot Solo telah membuat perencanaan pengisian jabatan pada eselon III dan eselon IV. Izin pelantikan sedang diproses di tingkat Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan Kementerian Dalam Negeri.

“Kami upayakan pekan ini diselesaikan, ini membutuhkan percepatan di instansi di luar Pemkot Solo. Kami menargetkan mendapatkan izin dan melakukan pelantikan pada bulan ini,” papar dia.

Menurut Dwi, diperkirakan ada hampir 100 ASN yang akan dirotasi dari mulai pejabat eselon II sampai eselon IV. Jabatannya mulai dari kepala dinas, kepala badan, asisten pada Setda Solo, hingga pejabat fungsional atau pelaksana.

Catatan Solopos.com, Gibran kali terakhir melantik lima kepala organisasi perangkat daerah (OPD) dan staf ahli di Balai Kota Solo, Jumat (19/4/2024) pagi. Mereka, adalah Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Sri Hastuti dilantik menjadi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Solo.

Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja Kota Solo, Didik Anggono dilantik menjadi Kepala Satpol PP Kota Solo. Direktur RSUD Ibu Fatmawati Soekarno, Retno Erawati Wulandari menjadi Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo.

Sekretaris Badan Riset dan Inovasi Daerah Francisco Amaral menjadi Staf Ahli Kota Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Kota Solo.

Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Setda Solo, Arif Handoko menjadi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solo. Lima jabatan kepala OPD dan Staf Ahli Wali Kota Solo itu sebelumnya kosong.

Gibran juga telah mendapatkan tiga besar kandidat untuk mengisi jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang kosong sejak Mei 2024, yakni Sekretaris Dinas Sosial Kota Solo, Agung Hendratno; Camat Banjarsari Solo, Beni Supartono Putro; dan Kepala Bagian Umum Setda Solo, Sulistiarini. Satu dari tiga kandidat tersebut segera dilantik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya