SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berinteraksi dengan pedagang yang menerima bantuan gerobak di Balai Kota Solo, Selasa (25/6/2024). (Istimewa/Dokumentasi Pemkot Solo)

Solopos.com, SOLO– Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyalurkan bantuan gerobak kepada pedagang kaki lima (PKL) di Balai Kota Solo, Selasa (25/6/2024). Pemkot Solo menerima 100-an permohonan bantuan gerobak dari warga.

“Dulu sebelum saya menjabat Wali Kota Solo ada permintaan 100-an gerobak. Kami penuhi menggunakan APBD dan CSR [tanggung jawab sosial perusahaan]” kata Gibran ditemui wartawan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Menurut Gibran, Pemkot Solo masih memiliki PR untuk memenuhi permintaan gerobak untuk usaha mikro. Pemkot Solo menyalurkan bantuan sesuai permintaan warga.

Sekretaris Dinas Perdagangan Kota Solo, Erni Susiatun, menjelaskan bantuan 25 gerobak dari CSR membantu Pemkot Solo menyediakan gerobak bagi warga. Pemkot Solo juga mengalokasikan anggaran untuk 20 gerobak untuk PKL tahun ini.

“Gerobak untuk PKL membantu untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan usaha mikro khususnya PKL,” jelas dia.

Menurut dia, ada sekitar 105 permintaan bantuan gerobak dari warga kepada Pemkot Solo. Pemkot Solo melakukan verifikasi, antara lain warga penerima bantuan, tempat tinggal, dan jenis usaha.

Menurut dia, para penerima ada yang memiliki gerobak namun sudah rusak. Bantuan gerobak baru membuat para pedagang bisa bersemangat untuk mengembangkan usaha.

Pantauan Solopos.com, Gibran bertemu langsung dengan warga penerima bantuan gerobak. Perusahaan yang memberikan CSR di Balai Kota Solo pagi ini adalah PT Makmur Berkah Amanda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya