SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bersama istri Selvi Ananda menghadiri peringatan 75 tahun hubungan diplomasi Indonesia dan India di halaman Balai Kota Solo, Sabtu (22/6/2024) malam. (Solopos.com/Dhima Wahyu Sejati)

Solopos.com, SOLO—Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka turut menghadiri peringatan 75 tahun hubungan diplomasi Indonesia dan India di halaman Balai Kota Solo, Sabtu (22/6/2024) malam.

Gibran datang bersama istri, Selvi Ananda dan sang putri La Lembah Manah sekitar pukul 20.15 WIB. Gibran tampak mengenakan setelan jas, sedangkan Selvi mengenakan kebaya hijau.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Kedatangan Gibran di tengah-tengah acara mencuri perhatian warga yang hadir. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi() tersebut kemudian disambut oleh Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty sebelum akhirnya duduk berdampingan.

Selain peringatan hubungan diplomatik kedua negara, acara itu sekaligus menjadi pembuka Hari Yoga Internasional 2024 yang diperingati setiap tanggal 21 Juni.

Masih dalam rangka memperingati Hari Yoga, juga akan diadakan coaching clinik yoga di Pagelaran Keraton Surakarta, Minggu (22/6/2024).

Sandeep Chakravorty mengatakan acara ini penting bagi hubungan dua negara Indonesia dan India. Dia mengatakan India merupakan negara yang paling awal mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia pada 2 September 1946.

Dia sengaja memilih Kota Solo sebagai tempat berlangsungnya acara peringatan hubungan Indonesia-India.

“Beberapa bulan lalu saya bertemu saya bertemu Pak Gibran untuk minta izin menyelenggarakan acara ini, dan disetujui. Kami memilih Kota Solo karena Mas Gibran,” kata dia ketika ditemui awak media, Sabtu.

Pada kesempatan itu, sejumlah tari tradisional dari Mangkunegaran dan Keraton Solo ditampilkan. Selain itu tari tradisional dari India turut memeriahkan acara.

“Saya senang banyak sekali yang menonton. Ini merupakan bagian dari diplomasi budaya. Budaya dari masing-masing negara bisa saling mendekatkan satu sama lain,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Gibran mengatakan akan ada kerjasama lebih lanjut Pemerintah Kota Solo dengan India. Dia mengatakan kerja sama yang mungkin terjalin yakni dalam bidang teknologi

“Proposalnya sudah ada, soal AI [Artificial Intelligence],” kata dia ketika ditemui awak media acara selesai acara, Sabtu. Dia meminta awak media untuk menunggu kelanjutanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya