SOLOPOS.COM - Pimpinan Partai Gerindra Sragen dan pimpinan Partai Demokrat Sragen bersepakar untuk berkoalisi dalam Pilkada Sragen 2024 di Ocean Bar & Kitchen Sragen, Kamis (13/6/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN-Partai Demokrat Sragen dan Partai Gerindra Sragen bersepakat membangun koalisi bersama dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sragen 2024 setelah berembuk bersama selama dua jam di Ocean Bar & Kitchen Jl. Ahmad Yani No. 34, Kutorejo, Sragen Tengah, Sragen, Kamis (13/6/2024) petang. Mereka saling mengunci satu koalisi yang linier dengan koalisi yang dibangun dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah (Jateng) 2024.

Pertemuan dua partai itu dihadiri pimpinan Partai Demokrat Sragen dan pimpinan Partai Gerindra Sragen. Setelah bersepakat satu koalisi, mereka akan mengajukan nama-nama tokoh yang mendaftar sebagai bakal calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) ke DPD dan DPP dengan mekanisme partai masing-masing.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Ketua DPC Partai Demokrat Sragen, Budiono Rahmadi, saat ditemui wartawan, Kamis petang, menyampaikan awalnya hanya ngopi-ngopi dan hasil pembicaraan diseriusi menjadi satu kesepakatan bersama dalam bentuk koalisi. Setelah panjang lebar berdiskusi, Budiono menyatakan Partai Demokrat dan Partai Gerindra Sragen sepakat bekerjasama dan berkoalisi untuk Pilkada Sragen 2024.

“Sudah fixed, 100% berkoalisi bersama. Untuk calon, mestinya Gerindra dan Demokrat sudah mengantongi calon masing-masing yang nantinya dipasrahkan ke DPD dan DPP partai untuk digodok. Pada prinsipnya siapa pun calonnya yang diputuskan DPP, kami siap berkerjasama. Siapa calonnya masih rahasia dapur perusahaan,” jelas Budiono yang diamini Ketua DPC Partai Gerindra Sragen Wahyu Dwi Setyaningrum dan struktural dua partai tersebut.

Budiono menjelaskan Gerindra dan Demokrat sudah membuka pendaftaran bakal cabup/cawabup. Dia menyampaikan masing-masing calon sudah dimintai pertimbangan dan mengetahui gambarannya sebagai bahan untuk diajukan ke DPP. Soal kedudukan cabup atau cawabup, Budiono menjelaskan Demokrat dan Gerindra duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi.

Dia menyatakan Demokrat dan Gerindra bareng-bareng untuk mengusung calon, apa pun posisinya, di Pilkada Sragen 2024. “Tidak ada ego di antara kami. Kami akan mengusung siapa pun yang diputuskan DPP. Semua disepakati dan nanti masih ada tahapan seleksi di masing-masing partai,” jelasnya.

Budiono menyampaikan Gerindra memiliki sejarah yang luar biasa. Dia mengungkapkan di Sragen Gerindra pernah mengusung cabup-cawabup (Kusdinar Untung Yuni Sukowati-Dedy Endriyatno atau Yuni-Dedy) dan menang pada Pilkada Sragen 2015. Apalagi sekarang, jelas dia, posisi Gerindra sedang naik daun karena memiliki calon presiden (capres) terpilih.

Di sisi lain, Budiono menilai Ketua DPC Partai Gerindra Sragen terkenal dengan komitmennya. Semua hal itulah, kata dia, yang mendasari Demokrat untuk bersepakat koalisi dengan Gerindra.

“Apa yang sudah diperjuangan di Pilpres 2024 dilanjutkan. Koalisi Demokrat-Gerindra menjadi satu pilihan tepat. Tentu kami tidak cukup dengan dua partai tetapi perlu berkoalisi dengan partai lainnya, meskipun Demokrat-Gerindra cukup mengusung calon sendiri. Sekarang kami perlu segera kerja politik karena waktunya semakin dekat,” jelas Budiono.

Demokrat memiliki lima kursi di DPRD sedangkan Gerindra memiliki enam kursi di DPRD Sragen. Gabungan Demokrat-Gerindra terdapat 11 kursi sehingga melebihi syarat 20% dari total 50 kursi di DPRD Sragen untuk mengusung cabup-cawabup sendiri dalam Pilkada Sragen 2024.

Ketua DPC Partai Gerindra Sragen, Wahyu Dwi Setyaningrum, menyatakan keputusan koalisi Gerindra-Demokrat sudah direstui DPD dan DPP Gerindra karena koalisi dua partai yang sama juga dilakukan di tingkatan Provinsi Jateng. Dia menyampaikan hasil pertemuan yang menyepakati koalisi Gerindra-Demokrat segera disampaikan ke DPD dan DPP.

“Untuk calonnya siapa masih didalami dulu. Siapa pun calonnya, kami bersama-sama dan masih membuka peluang partai lain untuk bergabung dalam satu gerbong yang sama. Kami sudah memiliki satu tiket dan satu perahu dalam Pilkada Sragen. Kami bersama-sama berjuang untuk dua partai yang nantinya akan sampai pada kesepakatan hitam di atas putih,” jelas Wahyu.

Dia menerangkan Demokrat dan Gerindra memiliki mekanisme sendiri untuk fokus menggodok calon. Dia mengatakan arahan DPP nanti seperti apa maka siap dilaksanakan DPC.

Berikut Bakal Cabup/Cawabup yang Mendaftar ke Gerindra-Demokrat

Bakal Cabup Sragen

  1. Untung Wina Sukowati (Partai Demokrat, Partai Gerindra)
  2. Sigit Pamungkas (Partai Demokrat, Partai Gerindra)
  3. Aan Cahyanto Bayu Aji (Partai Gerindra)
  4. Prihandoko (Partai Gerindra)
  5. Danan Heruwanto (Partai Demokrat dan Partai Gerindra)

Bakal Cawabup Sragen

  1. Giana Saputra (Partai Demokrat dan Partai Gerindra)
  2. Harmono (Partai Demokrat)
  3. Joko Saptono (Partai Demokrat)
  4. Inggus Subaryoto (Partai Demokrat)
  5. Mulyono (Partai Gerindra)

Sumber: Dihimpun dari berbagai sumber. (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya