SOLOPOS.COM - Sejumlah pengurus parpol nonparlemen mengatasnamakan Forum Diskusi Tata Masyarakat Solo menyampaikan aspirasi mereka terkait agenda Pilkada Solo 2024, di Pelipur Kopi, Kauman, Solo, Jumat (28/6/2024) sore. (Solopos.com/Kurniawan)

Solopos.com, SOLO — Sejumlah warga Kota Solo yang mengatasnamakan Forum Diskusi Tata Masyarakat Solo menyampaikan usulan kriteria bakal Cawali-Cawawali 2024.

Kriteria tersebut diharapkan diperhatikan partai-partai politik (Parpol).

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Sekretaris Forum Diskusi Tata Masyarakat Solo, Muhammad Bagus Zulfikar, mengatakan kriteria tersebut merupakan hasil diskusi bersama.

“Publikasi ini diniatkan untuk kemaslahatan bangsa khususnya warga Solo,” ungkap dia di hadapan wartawan di Pelipur Kopi Kauman, Solo, Jumat (28/6/2024) sore.

Berikut tujuh kriteria bakal Cawali Solo usulan dari Forum Diskusi Tata Masyarakat Solo untuk parpol dan stakeholder Kota Solo:

1. Matang secara usia (di atas 40 tahun).

2. Berpengalaman memimpin organisasi masyarakat/keagamaan.

3. Memiliki integritas.

4. Berkomitmen dan sadar untuk bekerja terintegrasi dengan pemerintah pusat.

5. Melanjutkan kerja program pemerintahan terdahulu.

6. Mampu membuat skala prioritas program kerja dan kebijakan.

7. Menjunjung tinggi nilai budaya dan kearifan lokal

Sedangkan kriteria bakal Cawawali Solo menurut Forum Diskusi Tata Masyarakat Solo sebagai berikut:

1. Muda dalam usia

2. Dewasa dalam berfikir

3. Matang dalam bertindak

4. Jujur

5. Menjunjung tinggi adab dalam berkepribadian.

Zulfikar menjelaskan ketika penjaringan bakal Cawali-Cawawali oleh parpol menimbang usulan ini, diharapkan momen pilkada/pilwakot kelak merupakan ajang pertarungan ide/gagasan, serta program yang berkualitas.

“Sehingga proses Pilkada mendatang juga merupakan edukasi kepada masyarakat pemilih, guna terciptanya masyarakat yang tercerahkan, cerdas dan rasional. Surakarta Lestari yang Harmoni adalah cita-cita kita semua,” urai dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya