SOLOPOS.COM - Bupati Klaten, Sri Mulyani, didampingi pejabat Forkopimda membuka program KBMKB di Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Selasa (25/6/2024). (Istimewa/Kodim Klaten)

Solopos.com, KLATEN–Program Karya Bakti Mandiri Klaten Bersinar (KBMKB) kembali bergulir. Pada penyelenggaraan untuk ke-23, KBMKB menyasar Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko.

Program inovasi Pemkab Klaten menggandeng Kodim 0723/Klaten itu bergulir di Desa Demakijo selama sebulan mulai Selasa (25/6/2024) hingga Rabu (24/7/2024). Upacara pembukaan KBMKB ke-23 di Desa Demakijo digelar di Desa Blimbing, Kecamatan Karangnongko.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Dalam upacara itu, Komandan Kodim (Dandim) 0723/Klaten, Letkol Czi Bambang Setyo Triwibowo, bertindak sebagai inspektur upacara. Dandim yang membacakan amanat Bupati Klaten menekankan bahwa KBMKB merupakan perwujudan kemanunggalan TNI dan rakyat.

“Semangat menggelar KBMKB di Desa Demakijo adalah untuk mempercepat pembangunan, khususnya di daerah yang akses jalannya terbatas sehingga menghambat pertanian dan perekonomian,” kata Dandim berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Solopos.com dari Kodim Klaten.

KBMKB diharapkan dapat membantu mempercepat pembangunan di Desa Demakijo dan Kabupaten Klaten secara keseluruhan, serta menjadi upaya untuk merajut kembali nasionalisme melalui semangat gotong royong dan kepedulian masyarakat.

Perwira Pelaksana KBMKB, Kapten Cba Budiono, menjelaskan sasaran fisik kegiatan itu meliputi betonisasi talud sepanjang 52 meter dengan tinggi 60 sentimeter dan lebar 20 sentimeter.

Selain itu, terdapat pembuatan saluran irigasi sawah di dua sisi dengan sisi pertama sepanjang 360 meter, tinggi 80 sentimeter, lebar atas 30 sentimeter, dan lebar bawah 40 sentimeter. Sementara, sisi kedua sepanjang 490 meter, tinggi 70 sentimeter, lebar atas 30 sentimeter, dan lebar bawah 40 sentimeter. Sementara, sasaran non-fisik KBMKB meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan dan penyuluhan stunting.

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menjelaskan  bahwa kegiatan KBMKB di Demakijo berlangsung dari Selasa (25/6/2024) hingga Rabu (24/7/2024). Dia berharap kegiatan inovasi itu mendukung pembangunan di Kabupaten Bersinar dan manfaatnya bisa dirasakan oleh seluruh warga setempat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya