SOLOPOS.COM - Bupati Sukoharjo Etik Suryani seusai meninjau pasar murah di Gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Sevaka Bhakti Wijaya, Jumat (31/3/2023). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri)

Solopos.com, SUKOHARJO-Bakal calon bupati (cabup) dari PDIP sekaligus Bupati Sukoharjo Etik Suryani kian mesra dengan bakal cabup dari Partai Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPRD Sukoharjo, Eko Sapto Purnomo. Sapto kerap membersamai Etik Suryani di berbagai kegiatan dan pertemuan seiring koalisi yang dibangun PDIP dengan Partai Gerindra.

Sebenarnya, kedekatan Etik Suryani dengan Sapto menguat beberapa hari sebelum kedua struktural partai tersebut meneken kerjasama politik. Sapto kerap membersamai kegiatan yang dihadiri Bupati Sukoharjo itu di sejumlah lokasi. Saat penandatanganan kerja sama politik antara PDIP dan Partai Gerindra, kedua figur tersebut kembali bersua. Bahkan, Etik ikut menyambut rombongan struktural DPC Partai Gerindra Sukoharjo.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Keduanya semakin “mesra” setelah PDIP resmi berkoalisi dengan Partai Gerindra. Banyak foto-foto yang berseliweran di media sosial (medsos) yang menggambarkan kedekatan Etik Suryani dan Sapto. Mereka menghadiri senam bersama ratusan wanita yang memakai seragam serba putih. Sapto berdiri tepat di sebelah Etik Suryani di barisan paling depan.

Kedekatan Etik Suryani-Sapto juga tergambarkan saat keduanya secara mendadak menghadiri acara hajatan pernikahan di wilayah Polokarto, Sukoharjo, pada pekan lalu. Mereka menyalami keluarga calon pengantin dan tamu undangan. Video aktivitas Sapto membersamai Etik Suryani saat menghadiri acara hajatan pernikahan berseliweran di media sosial.

Saat penandatanganan kerja sama politik antara PDIP dan Partai Gerindra di kantor DPC PDIP Sukoharjo pada Kamis (20/6/2024), Etik dan Sapto menyatakan menunggu rekomendasi pasangan cabup-cawabup dari DPP PDIP maupun DPP Partai Gerindra. “Wewenang menerbitkan rekomendasi di DPP PDIP. Saat ini kami hanya menunggu,” kata Etik Suryani.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo Nurjayanto menegaskan kerja sama yang ditandatangani struktural PDIP dan Partai Gerindra sebatas antarparpol. Rekomendasi pasangan calon merupakan wewenang DPP PDIP di Jakarta. Kader partai siap mematuhi instruksi dan kebijakan yang diputuskan DPP PDIP.

Dalam kerja sama politik itu ada beberapa kesepatan atau konsensus, salah satunya mengusung calon bupati dari PDIP dan wakil bupati dari Partai Gerindra. “Di PDIP Sukoharjo, ada tiga bakal calon bupati dari PDIP, yakni Etik Suryani, Agus Santosa, dan Danur Sri Wardhana. Jadi, siapapun yang mendapat rekomendasi dari partai, kami all out mendukung sepenuhnya,” papar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya