SOLOPOS.COM - Cucu Paku Buwono XI sekaligus Ketua DPD Partai Perindo Sukoharjo BRM Nugroho Imam Santoso mengambil formulir bakal cawabup di kantor DPD Partai Nasdem Sukoharjo, Kamis (27/6/2024). (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO-Figur baru bermunculan meramaikan bursa bakal calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) menjelang bergulirnya pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo 2024. Cucu Paku Buwono (PB) XI, B.R.M. Nugroho Iman Santoso, melamar sebagai bakal cawabup lewat Partai Nasdem.

Rombongan B.R.M. Nugroho Iman Santoso tiba di kantor DPD Partai Nasdem Sukoharjo di Jalan Slamet Riyadi, Kamis (27/6/2024) sekitar pukul 11.00 WIB. Nugroho diantar sejumlah struktural partai nonparlemen yang tergabung dalam Gasppol Sukoharjo. Mereka diterima oleh Ketua DPD Partai Nasdem Sukoharjo, Purwanto dan beberapa struktural partai.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Selain mengambil formulir pendaftaran bakal cawabup, momen tersebut menjadi ajang silaturahmi politik antara pengurus Partai Nasdem dengan pengurus parpol nonparlemen di Sukoharjo. “Sebenarnya, sudah banyak figur maupun tokoh sentral yang sudah berkomunikasi dengan kami. Namun, baru sebatas komunikasi dan silaturahmi. Namun, baru Pak Nugroho yang secara resmi mengambil formulir pendaftaran bakal cawabup,” kata Ketua DPD Partai Nasdem Sukoharjo, Purwanto, Kamis.

Pria yang akrab disapa Jack ini mengatakan hasil penjaringan pendaftaran bakal cabup-cawabup bakal dilaporkan kepada pengurus DPW Partai Nasdem Jawa Tengah yang diteruskan ke DPP Partai Nasdem di Jakarta. Hal ini merupakan mekansime partai dalam proses penjaringan bakal cabup-cawabup.

Hingga kini, lanjut Jack, belum ada koalisi partai yang secara resmi mengusung pasangan calon dalam pilkada. Semua partai masih melakukan penajajakan hingga tingkat pusat. Sebelum rekomendasi terbit, tak menutup kemungkinan terjadi dinamika politik menjelang pendaftaran bakal cabup-cawabup pada akhir Agustus.

“Partai Nasdem pun sama. Tidak ada bedanya dengan parpol lain yang terus melakukan komunikasi dan penjajakan untuk membangun koalisi. Meski hanya meraih satu kursi legislatif, arah politik Partai Nasdem dinanti oleh parpol lain. Suara Partai Nasdem menentukan pasangan calon yang akan memenangi pilkada,” ujar dia.

Soal rekomendasi partai, Jack menambahkan DPP Partai Nasdem telah menerbitkan rekomendasi di Kabupaten Sragen. Sementara, daerah lain di Soloraya masih menunggu terbitnya rekomendasi dari DPP Partai Nasdem. Konstelasi politik di daerah lain, termasuk Sukoharjo masih dinamis.

Sementara itu, cucu Paku Buwono (PB) XI sekaligus Ketua DPD Partai Perindo Sukoharjo B.R.M. Nugroho Iman Santoso mengatakan dirinya berminat maju sebagai bakal cawabup setelah mendapat penugasan dari partai serta dorongan kuat dari pengurus parpol nonparlemen di Sukoharjo.

Nugroho menyadari dirinya tak sepopuler figur-figur potensial yang meramaikan bursa bakal cabup-cawabup di Pilkada Sukoharjo. Karena itu, Nugroho memilih melamar bakal cawabup lewat Partai Nasdem.

“Ada dua program prioritas saya, yakni menggeliatkan sektor UMKM sebagai motor penggerak ekonomi daerah dan menjaga kelestarian budaya. Dalam waktu dekat, saya akan berkomunikasi dengan pengurus parpol lainnya,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya