SOLOPOS.COM - Kepala Kantor Kemenag Sragen Ihsan Muhadi (kiri) takziah ke rumah duka anggota jemaah haji Sragen di Kampung Krapyak, Sragen Wetan, Sragen, Rabu (12/6/2024). (Istimewa/Kemenag Sragen)

Solopos.com, SRAGEN-Seorang calhaj dari Sragen, Indrayani Citro Sugito, 65, meninggal dunia saat melaksanakan rangkaian ibadah haji di Tanah Suci Makkah, Arab Saudi, Selasa (11/6/2024). Nenek-nenek yang diketahui tinggal di Jl. Kalimantan No. 16, Kampung Krapyak RT 027/RW 008, Kelurahan Sragen Wetan, Sragen, meninggal di Rumah Sakit King Faishal Makkah sekitar pukul 07.38 waktu Arab Saudi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Hargiyanto yang juga petugas pendamping ibadah haji daerah di Makkah saat dihubungi Solopos.com, Rabu (12/6/2024), mengungkapkan anggota jemaah calon haji (calhaj) yang meninggal itu masuk di kloter 86. Dia menjelaskan jenazah Indrayani sempat disalatkan di Masjidil Haram setelah Salat Asar. Dia melanjutkan jenazah dikebumikan di Permakaman Umum Syaraya Blok 11 No. 432.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

“Almarhumah memiliki riwayat penyakit jantung dan kencing manis serta sudah lanjut usia. Sebelumnya, pagi almarhumah dikunjungi petugas haji dan petugas kesehatan yang keliling ke kamar-kamar. Petugas haji mengunjungi jemaah yang punya risiko tinggi. Kemudian beberapa waktu petugas dipanggil karena almarhumah kambuh sakitnya. Lalu almarhumah dibawa ke Rumah Sakit King Faishal Makkah oleh petugas,” ujarnya.

Dia mengatakan ada beberapa anggota jemaah calhaj Indonesia yang sakit ringan, seperti batuk, pilek, karena suhu panas dan berdebu. Suhu rata-rata di Makkah saat siang, kata dia, mencapai 43 derajat Celsius dan saat pagi dan sore mencapai 40 derajat Celcius.

“Kalau yang punya penyakit kronis juga ada, seperti diabetes melitus, darah tinggi, dan jantung. Mereka selalu dipantau petugas. Mohon doakan semoga semua selalu sehat dan lancar ibadahnya,” ujarnya

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sragen Ahmad Ulin Nur Hafsun membenarkan calhaj Sragen yang meninggal atas nama Indrayani Citro Sugito, 65, warga Krapyak, Sragen Wetan, Sragen. Dia berdoa semoga almarhumah husnul khatimah

“Tadi Bapak Kepala Kemenag Sragen sudah ke rumah duka,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya