SOLOPOS.COM - Bakal Cawali Solo, Astrid Widayani, 37, saat menyapa para pedagang Pasar Gede Solo, Kamis (20/6/2024). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO–Para pedagang Pasar Gede Solo memberikan dukungan kepada Astrid Widayani, 37, sebagai bakal Cawali Solo 2024.

Mereka tergabung dalam komunitas Relawan Juang (Rewang) Pasar. Hal itu terlihat saat Astrid Widayani blusukan Pasar Gede Solo pada Kamis (20/6/2024) sekira pukul 10.00 WIB.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Astrid menyapa para pedagang dan duduk membersamai mereka. Momen tersebut terasa hangat lantaran Astrid dan para pedagang makan bakso bersama.

Dengan telaten Astrid mendengarkan cerita para pedagang. Kesempatan itu dimanfaatkan para pedagang untuk menyampaikan aspirasi dan harapan.

Mereka ingin pemimpin Solo ke depan meneruskan dan memperbaiki program pembangunan yang telah dilakukan Wali Kota Solo sekarang ini, Gibran Rakabuming Raka.

“Kami dari teman-teman pedagang pasar tradisional di Solo yang memiliki keinginan dan aspirasi sama, bergabung untuk mendukung mbak Astrid Widayani maju sebagai pemimpin Kota Solo,” ujar Koordinator Rewang Pasar, Wiharto, saat diwawancara wartawan.

Para relawan menilai Astrid calon yang memiliki kemampuan dan berperan penting dalam sosial masyarakat. Bahkan Wiharto menyebut bakal calon yang mendaftar melalui partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) punya potensi besar dalam mengelola ekonomi daerah.

“Kami sudah pendekatan, berdialog dan mendengar pemaparan seperti apa program Mbak Astrid untuk teman-teman pasar. Peran Mbak Astrid dalam mendorong meningkatnya ekonomi masyarakat juga sudah banyak. Mbak Astrid memiliki kapabilitas secara akademik maupun sosial ekonomi untuk menangani permasalahan. Itu pertimbangan kami,” lanjut dia.

Harapan tersebut diwujudkan dengan bancakan khas Jawa yang didoakan secara khusus untuk Astrid dari para relawan. Nasi bancakan lalu dibagikan kepada para pedagang sebagai niat baik agar aspirasi mereka dapat dikabulkan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Tak meninggalkan budaya Jawa, tadi kita menggelar bancakan di dalam Pasar Gede sebagai ujub doa dan harapan direstui dan diberkahi Allah SWT memiliki pemimpin yang ‘andhap asor’ adaptif dan absorbtif, eling lan waspada yang artinya Mbak Astrid selalu ingat dengan keberadaan masyarakat dan waspada terhadap tantangan mendatang untuk menyejahterakan masyarakat khususnya pedagang tradisional,” tandas Wiharto.

Sementara Astrid Widayani memberikan apresiasi terhadap kekompakan para pedagang pasar. Perempuan yang mengusung program #SoloBerkelanjutan itu berharap ada kolaborasi yang baik agar tren pasar tradisional semakin berkembang ke arah positif.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Rewang Pasar yang menerima kedatangan saya di Pasar Gede dengan baik. Mudah-mudahan dengan semamgat yang dibangun dari semua Rewang bisa terus membersamai seluruh pedagang pasar yang ada di Pasar Gede khususnya sehinnga bisa menjadi ruang untuk beraspirasi mengenai apa yang bisa dikembangkan di sektor pasar tradisional di masa mendatang,” ucap Astrid Widayani.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya