SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada Klaten. (Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, KLATEN–Struktural DPC PDIP Klaten melanjutkan roadshow ke partai politik (Parpol) yang ada di Kabupaten Bersinar. Setelah sebelumnya ke PKS dan Gerindra, PDIP mendatangi kantor DPC PKB Klaten untuk diajak koalisi pada Pilkada 2024.

Kunjungan struktural DPC PDIP Klaten ke PKB itu dilakukan Sabtu (22/6/2024). Rombongan DPC PDIP Klaten dipimpin ketua DPC, Sri Mulyani. Dikonfirmasi terkait roadshow tersebut, Mulyani membenarkan.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Saya selaku ketua partai itu memang roadshow safari silaturahmi ke partai yang ada di Klaten dalam rangka agar Pilkada berjalan kondusif dan melahirkan pemimpin yang melanjutkan pembangunan yang ada di Kabupaten Klaten. Berikutnya kami ajak kerja sama. Kami ciptakan Pilkada yang lebih ramah dan kondusif,” kata Mulyani yang kini menjabat sebagai Bupati Klaten saat ditemui di Pendopo Pemkab Klaten, Senin (24/6/2024).

Disinggung tanggapan dari PKB terkait kunjungan struktural DPC PDIP, Mulyani mengatakan PKB sangat terbuka dengan kunjungan tersebut. Terkait kerja sama, Mulyani belum memastikan. “Lihat saja nanti karena saat ini masih dinamis,” jelas Mulyani.

Disinggung target PDIP Klaten dengan menggalang koalisi besar, Mulyani menjelaskan setiap parpol pasti memiliki strategi untuk memenangkan pasangan calon yang diusung. Apakah PDIP punya target pasangan calon yang diusung melawan kotak kosong dengan menggalang koalisi besar, Mulyani menjelaskan apapun kondisinya PDIP siap memenangkan pasangan yang diusung. “PDIP keinginannya musuh kotak kosong maupun ada lawannya yang penting menang,” jelas Mulyani.

Setelah PDIP, giliran pengurus DPC Gerindra Klaten mendatangi kantor DPC PKB Klaten, Minggu (23/6/2024) malam. Seperti halnya dengan PDIP, Ketua DPC Gerindra Klaten, Hariyanto, didampingi sejumlah pengurus mengunjungi PKB untuk bersilaturahmi serta mengajak bergabung dalam koalisi yang sudah dibangun antara PDIP dengan Gerindra.

“Intinya, walau waktu berbeda tetapi niat dan tujuannya sama, mengajak kerja sama dan koalisi dengan PKB dalam Pilkada 2024. Kami menyambut baik ajakan kerja sama ini,” kata Sekretaris DPC PKB Klaten, Marzuki, saat dihubungi Solopos.com, Senin (24/6/2024).

Dalam komunikasi itu dijelaskan jika PDIP dan Gerindra Klaten sudah ada kesepakatan untuk berkoalisi. Bahkan, kedua partai sudah sepakat untuk sama-sama mengusung pasangan calon dengan calon bupati dari PDIP dan calon wakil bupati dari Partai Gerindra meski belum adasecara pasti nama pasangan calon.

Marzuki kembali menjelaskan DPC PKB Klaten menyambut baik dan menerima ajakan kerja sama PDIP dan Gerindra tersebut meski belum ada kesepakatan secara tertulis. Dia menjelaskan pertemuan yang digelar akhir pekan lalu menjadi komunikasi awal dan PKB di tingkat DPC menyambut kerja sama kedua Parpol yang ingin membentuk koalisi Klaten Bersatu.

“Komunikasi ke depan pasti akan berkembang ke poin kesepakatan MoU. Kesepakatan seperti apa, nanti akan kami lihat. Kami juga pasti akan konsultasikan dulu dengan DPW maupun DPP. Tetapi saat ini niat baik kami sambut dengan baik meskipun kami nanti tidak bisa menolak dan akan sendika dawuh kalau ada perintah lain dari DPP,” kata Marzuki.

PKB meraih empat kursi dari total 50 kursi DPRD Klaten pada Pemilu 2024. Sementara, PDIP meraih kursi terbanyak untuk pemilihan anggota DPRD Klaten dengan 18 kursi. Partai Gerindra Klaten meraih enam kursi.

Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah pengurus DPC PDIP Klaten yang dipimpin Ketua DPC, Sri Mulyani, mendatangi kantor DPC Partai Gerindra Klaten, Selasa (18/6/2024) siang. Dari pertemuan, DPC PDIP dan DPC Gerindra Klaten sepakat menjalin kerja sama untuk berkoalisi. Namun, secara resmi partai tersebut masih menunggu keputusan dengan DPP masing-masing. Pertemuan di Gerindra merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya antara PDIP, Gerindra, dan PKS di DPD PKS Klaten untuk membahas koalisi.

Ketua DPC PDIP Klaten, Sri Mulyani, menjelaskan sebelum dengan Gerindra, PDIP silaturahmi dengan PKS untuk membangun kerja sama. Ajakan PDIP ke PKS untuk berkoalisi di Pilkada Klaten diterima. Dia pun berharap PDIP bisa berkoalisi dengan banyak partai di Pilkada Klaten.

“Rencana saya begitu [semakin banyak partai berkoalisi dengan PDIP]. Lebih banyak lebih mudah demi Klaten yang bersatu,” kata Mulyani saat ditemui seusai kunjungan Presiden Jokowi di Kecamatan Karangdowo, Rabu (19/6/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya