SOLOPOS.COM - Ilustrasi kebakaran bangunan bekas kandang ayam di Mojogedang, Karanganyar. (Istimewa)

Solopos.com, KARANGANYAR– Bekas bangunan kandang ayam di kampung Ngrau RT001 RW 008, Desa Munggur, Kecamatan Mojogedang, Kabupaten Karanganyar ludes terbakar pada Sabtu (22/6/2024) petang.

Belum diketahui penyebab kebakaran tersebut. Bangunan bekas kandang ayam ini tidak digunakan alias mangkrak sejak lima tahun lalu.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Informasi yang dihimpun Solopos.com, kebakaran bangunan bekas kandang ayam ini diketahui sekitar pukul 17.10 WIB. Saat itu warga yang tengah melintas melihat titik api di bangunan tersebut.

Warga kemudian melaporkan kejadian ke aparat desa setempat dan ditindaklanjuti ke Polsek Mojogedang, Pemadam Kebakaran serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar.

Tim pemadam kebakaran tiba di lokasi kejadian langsung memadamkan api. Namun, api sudah membakar seluruh bangunan tanpa tersisa. Sekitar pukul 18.15 WIB, api berhasil dipadamkan.

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Karanganyar Hendro Prayitno mengatakan kandang ayam tersebut dalam kondisi kosong. Dari keterangan yang diterimanya, kandang ayam dibangun di atas lahan milik kas Desa Munggur. Bangunan ini sudah tidak dipakai kurang lebih selama 5 tahun.

“Kandang ayam ini kosong. Jadi tidak ada korban ayam yang mati. Untuk penyebab kebakaran, masih dilakukan penyelidikan dari kepolisian,” katanya.

Hendro mengingatkan warga akan potensi kebakaran yang tinggi memasuki musim kemarau ini. Dia pun meminta warga tidak asal membakar sampah. Jika membakar sampah, dia mengimbau agar dipastikan api telah benar-benar padam.

“Jangan ditinggal begitu saja saat bakar sampah. Banyak kasus kebakaran lahan terjadi karena orang bakar-bakar sampah dan ditinggal pergi,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya