SOLOPOS.COM - Peserta jalan sehat HUT ke-177 Boyolali berjalan melewati garis start setelah dilepas oleh Bupati M Said Hidayat di halaman kantornya, Rabu (19/6/2024). (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI — Tiga pelajar SMP di Boyolali ini benar-benar bejo alias beruntung karena berhasil mendapatkan hadiah utama berupa sepeda motor dalam acara gerak jalan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-177 Kabupaten Boyolali.

Kegiatan tersebut digelar di sekitar kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali, Rabu (19/5/2024). Gerak jalan 3,3 kilometer tersebut digelar Dinas Pemuda dan Olahraga atau Disporapar Boyolali.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Disporapar Boyolali, Budi Prasetyaningsih, menyampaikan gerak jalan tersebut diikuti 10.000 peserta dari kalangan pelajar mulai dari SMP/MTs/sederajat, SMA/K sederajat, dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Boyolali.

Hadiah utama yang disediakan yaitu tiga unit sepeda motor. Kemudian ada pula doorprize berupa kulkas, TV, emas Antam, sepeda gunung, dan sebagainya.

Ning menjelaskan kegiatan tersebut juga terselenggara berkat kerja sama dengan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) seperti Perumda Tirta Ampera, Bank Jateng, Bank Boyolali, dan sebagainya. Ada pula kerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

“Ini jarak tempuhnya 3,3 kilometer. Rutenya dari halaman kantor bupati ke selatan, terus ke timur, sampai SMKN 1 Mojosongo ke barat sampai SMPN 1 Boyolali lalu ke selatan dan ke kantor Disdikbud, finis di tempat start,” kata dia di sela-sela acara.

Ia mengatakan kegiatan tersebut bertujuan memeriahkan HUT Boyolali lalu dan meningkatkan kesehatan pelajar serta ASN. Ning menjelaskan agar tidak ada peserta yang mengambil jalan pintas, pembagian kupon dilaksanakan di tengah jalan atau dekat kantor Samsat Boyolali.

Selanjutnya, peserta wajib memasukkan kupon untuk undian saat mendekati tempat finis. “Sudah ada petugasnya. Personel yang membantu kami ada 80 anggota Polri, Satpol PP, Dishub Boyolali, ditambah Saka Pariwisata. Kupon juga cukup,” jelas dia.

Sementara itu, gerak jalan dilepas Bupati Boyolali, M Said Hidayat, pukul 08.15 WIB. Ribuan peserta gerak jalan tanpa harus balapan sehingga acara berlangsung tertib.

Bupati Said menyampaikan kegiatan jalan sehat tersebut sebagai ajang silaturahmi antarmasyarakat dan menyehatkan warga Boyolali. Mayoritas peserta yang merupakan siswa SMP-SMA sederajat, Said mengatakan mereka adalah generasi masa depan yang dipersiapkan.

“Mereka harus hadir, tampil ke depan, menjadi bagian penerus dan langkah pembangunan. Maka, semangat melangkah bersama harus terus ditanamkan di antara para pelajar. Apa pun itu, mereka adalah bagian dari generasi yang akan datang,” kata dia.

Sementara itu, hadiah utama sepeda motor dibawa pulang oleh tiga bocah SMP yaitu Muhamad Lintang Putra Widigda (siswa kelas VII SMP Negeri 4 Mojosongo), Elisia Siti Zulaikha (siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Boyolali), dan Gadis Citra Kirana (siswa kelas VII SMP Negeri 4 Boyolali).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya