SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemilihan kepala daerah. (JIBI/Harian Jogja/Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI — Dibandingkan daerah lain di mana dalam satu partai bisa muncul belasan nama, bursa calon bupati-calon wakil bupati atau cabup-cawabup Pilkada Wonogiri 2024 kurang terasa geregetnya.

Hingga awal Juni 2024, baru ada empat nama yang muncul sebagai pendaftar cabup-cawabup Wonogiri. Empat nama itu dari dua partai politik (parpol) yang sudah selesai membuka pendaftaran penjaringan cabup-cawabup Pilkada 2024.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Dua partai itu yakni PDIP dan Partai Gerindra. Penjaringan cabup-cawabup di DPC PDIP Wonogiri memunculkan dua nama calon bupati yakni pengusaha asal Wuryantoro Edi Herlambang dan Wakil Bupati yang juga kader PDIP Setyo Sukarno.

Tidak ada pendaftar untuk posisi cawabup di DPC PDIP Wonogiri. Pendaftaran cabup-cawabup untuk Pilkada 2024 di DPC PDIP Wonogiri dibuka sejak awal hingga akhir Mei 2024.

Meski tidak ada pendaftar cawabup di DPC, Ketua DPC PDIP Wonogiri Joko Sutopo mengatakan optimistis bakal ada yang mendaftar di tingkat DPD atau DPP PDIP. ”Pasti ada [yang mendaftar cawabup]. Saya yakin pasti ada,” kata Jekek, sapaan akrabnya, kepada wartawan, Kamis (6/6/2024).

Jekek menyebut mereka yang sudah mendaftar sebagai cabup juga belum tentu diusung PDIP pada Pilkada Wonogiri 2024. Hal itu tergantung siapa yang akan mendapatkan rekomendasi dari DPP. Bisa saja DPP PDIP justru mengusung nama lain yang tidak mendaftar dalam proses penjaringan dan penyaringan cabup-cawabup di tingkat DPC.

“Nanti ada fit and proper test, uji kompetensi, penelusuran track record dan sebagainya untuk identifikasi calon. Semisal dari proses identifikasi itu kualifikasinya dianggap tidak memenuhi syarat, pasti ada kebijakan dari DPP,” jelasnya.

Sementara itu, di DPC Partai Gerindra Wonogiri yang resmi menutup pendaftaran cabup-cawabup Pilkada 2024 pada Rabu (5/6/2024), juga hanya menjaring dua pendaftar. Masing-masing Tarso yang mendaftar untuk posisi cabup dan Siti Hardiyani yang mendaftar untuk posisi cawabup.

Kabar Parpol Lain

Saat pengambilan formulir, sebenarnya ada empat orang yang mengambil formulir pendaftaran di DPC Partai Gerindra Wonogiri. Mereka yakni Tarso (anggota DPRD Wonogiri), Siti Hardiyani (Wakil Ketua DPRD Wonogiri), Budi Prasetyo atau Budi Aspal (pengusaha), dan Fritz Yohanes (pengusaha).

Namun hingga masa pengembalian formulir ditutup pada Rabu, hanya Tarso dan Siti Hardiyani yang mengembalikan formulir pendaftaran. Dua nama lain tidak mengembalikan formulir, yang artinya tidak mendaftar.

Ketua DPC Partai Gerindra Wonogiri, Suryo Suminto, mengatakan DPP Partai Gerindra akan mengumumkan siapa yang mendapatkan rekomendasi untuk diusung sebagai cabup atau cawabup Wonogiri pada akhir Juni atau awal Juli 2024.

“Yang jelas kami akan berkoalisi dengan partai lain. Ini sudah tahap prakoalisi, sudah ada beberapa partai yang komunikasi intens dengan kami untuk membentuk koalisi,” ujar dia, Rabu.

Mengenai penjaringan cabup-cawabup di parpol lain, dari informasi yang diperoleh Solopos.com, Partai Golkar tidak membuka penjaringan dan belum memunculkan siapa yang akan diusung sebagai cabup-cawabup.

Kemudian PKS dikabarkan juga tidak membuka penjaringan namun langsung menunjuk tokoh yang akan diusung/didukung maju sebagai cabup-cawabup Wonogiri. Namun, siapa tokoh yang ditunjuk saat ini juga masih tahap penjajakan.

PKB dan PAN diinformasikan sudah membuka penjaringan cabup-cawabup namun tidak diumumkan secara terbuka. Menurut informasi dari yang diperoleh Solopos.com, hanya Tarso yang mendaftar di dua parpol tersebut.

Sementara itu, Partai Demokrat baru akan membuka penjaringan cabup-cawabup pada pekan depan. Tarso juga dikabarkan akan mendaftar sebagai cabup di Partai Demokrat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya