SOLOPOS.COM - Perwakilan perusahaan menerima penghargaan saat awarding ISRA 2024 di Hotel Grand Mercure Solo Baru, Kamis (27/6/2024) malam. (Solopos.com/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO–Sebanyak 97 perusahaan mendapatkan penghargaan dalam event Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2024 yang digelar di Hotel Grand Mercure Solo Baru, Sukoharjo, Kamis (27/6/2024) malam. Penghargaan itu diberikan atas komitmen dan keberhasilan para pelaku bisnis dari berbagai sektor industri dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan yang diimplementasikan melalui program CSR atau corporate social responsibilty (CSR).

ISRA 2024 diselenggarakan oleh Prospectus Media by Arjuna Wijaya Karya. Event ISRA terdiri dari dua rangkaian kegiatan, yakni konferensi dan malam penghargaan atau awarding. Mengusung tema Confronting Climate Chage : Survive to Revive, ISRA 2024 diharapkan menjadi wadah dalam membangun kolaborasi inklusif antarpelaku bisnis dalam menghadapi dampak perubahan iklim yang makin kompleks.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Malam penghargaan atau awarding ISRA 2024 dihadiri perwakilan perusahaan, kurator, akademisi, dan praktisi lingkungan hidup. Menariknya, perwakilan perusahaan dan tamu undangan memakai baju adat Nusantara. Hal ini bagian dari upaya menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air dengan beragam kemajemukan bangsa.

“Melalui ISRA yang diselenggarakan sejak 2023 diharapkan menjadi ajang diseminasi best practis tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) dari pelaku bisnis berbagai sektor industri. Tahun ini, ada peningkatan jumlah peserta yang cukup signifikan dibanding tahun lalu. Artinya, antusiasme tinggi para pelaku bisnis dalam berpartisipasi di ISRA 2024,” kata Chairwoman of ISRA 2024, Karinandini Zahra Ineza.

Berbagai sektor industri turut berpatisipasi dalam ISRA 2024 di antaranya perkebunan, pembangkit listrik, migas, pertambangan, petrokimia, transportasi, teknologi informasi, hingga farmasi.

Terdapat enam kategori program penghargaan yakni economic empowerment, education, gender equality and social inclusion, health quality improvement, biodiversity conservation, dan CSR video documentation. Enam kategori tersebut terbagai dalam empat jenis penghargaan dengan proses kurasi yang ketat. Sementara, 20 perusahaan meraih peringkat platinum, 33 perusahaan meraih peringkat gold, 45 perusahaan meraih peringkat silver, dan 16 perusahaan meraih peringkat bronze.

Pemimpin Pura Mangkunegaran Solo, K.G.P.A.A. Mangkunagoro X mengapresiasi penyelenggaraan ISRA 2024. Perubahan iklim menjadi ancaman serius bagi bumi dan kehidupan manusia. Ancaman serius ini bisa diantisipasi melalui upaya kolektif pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat.

Event ISRA 2024 diharapkan tak hanya sekadar menjadi ajang penghargaan melainkan wadah untuk mengantisipasi penanggulangan iklim. “ISRA 2024 bukan hanya tentang perayaan, melainkan komitmen bersama untuk melestarikan lingkungan hidup,” kata dia.

Sementara itu, Tenaga Ahli Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan M.R. Karliansyah memaparkan ihwal keberhasilan dan praktik terbaik pelaksanaan TJSL para pelaku usaha di Tanah Air. Hal ini diwujudkan dari program-program yang melibatkan masyarakat. Selama ini, komunitas masyarakat merespons program-program mitigasi dan adaptasi menghadapi perubahan iklim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya