SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada Sukoharjo. (Dok Solopos)

Solopos.com, SUKOHARJO–Tiga bulan menjelang pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup), sembilan nama meramaikan bursa calon kepala daerah dalam Pilkada Sukoharjo 2024.

Mereka mendaftar sebagai bakal cabup-cawabup di tiga partai politik (parpol) yang melakukan penjaringan pada Mei lalu. Tiga parpol yang membuka pendaftaran penjaringan bakal cabup-cawabup, yakni PDIP, Partai Gerindra, dan PKB.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

Tercatat empat pendaftar bakal cabup-cawabup PDIP. Perinciannya, tiga figur mendaftar sebagai bakal cabup, yakni Etik Suryani, Agus Santosa, dan Danur Sri Wardhana. Sementara, satu figur mendaftar sebagai bakal cawabup, yakni Kepala Desa Karangasem, Bambang Minarno.

Di Partai Gerindra, dua figur secara resmi mendaftar sebagai bakal cabup, yakni Eko Sapto Purnomo dan Joko “Paloma Santosa.

Sementara, hingga pendaftaran ditutup pada 5 Juni, hanya satu figur yang mendaftar sebagai bakal cabup di PKB Sukoharjo. Tokoh yang mendaftar merupakan figur eksternal yang berlatar belakang peneliti Fakultas Pertanian UGM bernama Argawi Kandito.

Di sisi lain, Partai Golkar tidak membuka pendaftaran penjaringan bakal cabup-cawabup. Struktural partai berlambang pohon beringin itu memantapkan langkah mengusung Harjanto sebagai bakal cabup. Bahkan, Partai Golkar telah membentuk gerbong koalisi dengan PAN Sukoharjo.

“Untuk sementara, baru PAN yang memiliki kesamaan visi dan misi dalam membentuk koalisi partai. Namun tak menutup kemungkinan, partai-partai lain bakal bergabung untuk membentuk koalisi besar,” ujar Ketua DPD II Partai Golkar Sukoharjo, Sardjono, saat berbincang dengan Solopos.com, Sabtu (8/6/2024).

Sardjono mengaku intens berkomunikasi dengan struktural PKS, Partai Nasdem, Partai Gerindra, dan PKB. Apabila empat partai tersebut merapat ke poros Golkar-PAN maka koalisi besar bakal mewarnai hajatan politik terbesar di Kabupaten Jamu.

Upaya elite Golkar untuk merealisasikan koalisi besar bukan tanpa halangan dan rintangan. Partai Gerindra yang memiliki enam kursi di parlemen serta disokong pengaruh figur Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih juga memiliki kans membentuk poros koalisi sendiri.

Bahkan, Gerindra memiliki figur kuat yang merepresentasikan kalangan anak muda sebagai bakal cabup, yakni Eko Sapto Purnomo.

“Kami telah melakukan silaturahmi politik dengan PKS dan PKB pada beberapa waktu lalu. Ke depan, kami juga akan melakukan hal serupa dengan beranjangsana ke pengurus Golkar, PAN, Nasdem, serta PDIP,” kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPC Partai Gerindra Sukoharjo, Bambang Riyanto.

Berikut daftar nama bakal cabup-cawabup di Sukoharjo

PDIP Sukoharjo

  1. Etik Suryani (bakal cabup)
  2. Agus Santosa (bakal cabup)
  3. Danur Sri Wardhana (bakal cabup)
  4. Bambang Minarno (bakal cawabup)

Partai Gerindra Sukoharjo

  1. Joko “Paloma” Santosa (bakal cabup)
  2. Eko Sapto Purnomo (bakal cabup)

PKB

  1. Argawi Kandito (bakal cabup)

Partai Golkar

  1. Harjanto (bakal cabup)

PAN

  1. Wiwaha Aji Santosa (bakal cawabup)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya