SOLOPOS.COM - Bupati Boyolali, M Said Hidayat beserta istri Desy M Said Hidayat menjajal mobil jip listrik karya peserta Festival UMKM 2024 Boyolali di Alun-alun Kidul Boyolali, Rabu (19/6/2024). (boyolali.go.id)

Solopos.com, BOYOLALI — Sebanyak 103 stan meramaikan Boyolali Festival UMKM 2024 yang berlangsung selama lima hari mulai Rabu (19/6/2024) sampai Minggu (23/6/2024) di Alun-alun Kidul Boyolali.

Acara yang masuk rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Ke-177 Kabupaten Boyolali itu dibuka oleh Bupati M Said Hidayat pada Rabu. Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Kementerian Koperasi (Kemenkop) UKM, Sutarno, pada acara bertema “UMKM Berdaya Untuk Boyolali Berjaya” tersebut.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Tentunya kegiatan hari ini adalah kegiatan yang membahagiakan atas peran serta keberadaan UMKM. Bahwa ini merupakan dukungan dalam rangka mengembangkan perekonomian dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Said seperti dikutip Solopos.com dari laman resmi Pemkab Boyolali, boyolali.go.id.

Asisten Deputi Pengembangan Rantai Pasok Usaha Mikro Kemenkop UKM, Sutarno, mengapresiasi terselenggaranya Boyolali Festival UMKM 2024. Menurutnya, dengan biaya APBN maupun APBD yang direalisasikan, secara tidak langsung dapat membantu para pelaku UMKM.

“Kami dari Kemenkop UKM terus menerus men-support agenda-agenda seperti ini. Kami support banyak. Semua notabene dari APBN maupun APBD boleh dipastikan imbasnya ke UMKM. Semakin cepat APBN atau APBD direalisasikan boleh dipastikan UMKM kita semringah,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja (Diskopnaker) Boyolali, Bambang Sutanto, melaporkan Boyolali Festival UMKM 2024 terselenggara atas kolaborasi Kemenkop UKM dan Pemkab Boyolali.

Bambang mengatakan kegiatan festival itu sekaligus untuk mendukung gerakan nasional Bangga dengan Produk Indonesia. Dalam acara di Alun-alun Kidul Boyolali itu ada kegiatan utama pameran produk Kemenkop UKM.

Kemudian Festival UMKM Boyolali, pentas seni budaya dan panggung hiburan, lomba mewarnai 300 siswa PAUD, lomba kreasi video Instagram, dan lainnya. “Total, ada 103 stan,” katanya.

Boyolali Festival UMKM 2024 juga diramaikan stan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), UMKM di Boyolali dan luar Boyolali, BUMD dan perbankan. Boyolali Festival UMKM 2024 buka dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya