SOLOPOS.COM - Inovasi alat pengering gabah otomatis dari SMK Penda 2 Karanganyar dipamerkan dalam ajang Krenova Pelajar Subosukawonosraten di Pendapa Sumonegaran Sragen, Kamis (20/6/2024). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN—Sebanyak 21 inovasi kategori pelajar dari tujuh kabupaten/kota di Soloraya dipertandingkan dalam ajang Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Pelajar Tingkat Subosukawonosraten (Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, dan Klaten) 2024 di Pendapa Sumonegaran Sragen, Kamis (20/6/2024).

Koordinator Panitia Krenova Pelajar Subosukawonosraten, Yulianto Teguh Haryono, kepada Solopos.com, Jumat (21/6/2024), mengungkapkan lomba Krenova Subosukawonosraten ini diikuti oleh juara I-III lomba Krenova tingkat kabupaten/kota masing-masing di Soloraya sehingga total ada 21 peserta dari tujuh kabupaten/kota.

Promosi Beli Emas Bonus Mobil, Pegadaian Serahkan Reward Mobil Brio untuk Nasabah Loyal

Lomba itu dinilai oleh tim juri yang juga perwakilan dari tujuh kabupaten/kota.

“Kebetulan dari Sragen mengirimkan Prof. Muhammad Nizam sebagai salah satu jurinya. Tim juri lainnya ada dari unsur praktisi, akademisi, dan jurnalis. Hasil lomba ini diambil tujuh pemenang, yakni Juara I-III, juara harapan I-II, dan juara favorit I-II,” jelas Yulianto yang juga pegawai di Badan Perencanaan, Pembangunan, Riset, dan Inovasi Daerah (Bapperida) Kabupaten Sragen.

Krenova Pelajar Sukosukawonosraten 2024 ini kebetulan diadakan di Sragen sebagai tuan rumah. Lomba tersebut dibuka oleh Pelaksana Harian Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen Tugiyono. Untuk laporan penyelenggara disampaikan Kepala Bapperida Sragen Aris Tri Hartanto.

Yulianto menerangkan lomba ini diharapkan bisa selesai dalam satu hari. Pemenang lomba ini tidak diajukan ke tingkat provinsi karena lomba Krenova Provinsi Jawa Tengah sudah lebih dulu dilaksanakan.

Dia menyampaikan Sragen mengirimkan enam inventor pelajar di Krenova Jateng dan lolos satu, yakni Alpa atau alat penjernih air limbah. Kebetulan tim pelajar tersebut juga diikutkan dalam Lomba Krenova Pelajar Sukosukawonosraten.

Dia menyampaikan juara lomba Krenova Subosukawonosraten ini akan mendapat hadiah secara berjenjang. Juara I mendapat tropi, piagam, dan uang pembinaan Rp5 juta, juara II Rp4 juta, juara III Rp3,5 juta.

Sedangkan untuk juara harapan I, kata dia, mendapat tropi, piagam, dan uang pembinaan Rp2 juta, juara harapan II Rp1,5 juta. Kemudian untuk juara favorit I-II mendapat hadiah yang sama, yakni tropi, piagam, dan uang pembinaan Rp1 juta.

Salah satu pelajar asal SMK Penda 2 Karanganyar, Lutfi Ardiyanto, mendatangkan temuan yang digagas tim yang terdiri atas tiga pelajar sekolah itu.

Dia menyebut inovasinya dengan nama mesin pengering gabah otomatis. Lutfi menjelaskan dryer atau mesin pengering gabah itu didesain dengan kapasitas 200 kg.

“Bahan bakar yang digunakan bisa berupa gas elpiji atau kayu bakar. Alat ini bisa diatur temperaturnya dengan suhu 35-41 derjat Celsius. Di dalam tabung pengering itu bisa berputar juga. Keunggulan alat ini bisa mengeringkan gabah basah dalam waktu hanya 6-10 jam. Kalau menggunakan pengering manual yang mengandalkan sinar matahari bisa membutuhkan waktu 3-4 jam,” jelasnya.

Dia mengaku pembuatan alat ini menghabiskan biaya Rp7,5 juta. Dia menyatakan baru pertama kali diikutkan lomba Krenova Subosukawonosraten karena sebelumnya belum pernah ikut lomba. Dia berharap hasil temuannya bisa menang dalam lomba itu.

Berikut Daftar Peserta Lomba Krenova Subosukawonosraten 2024 Kategori Pelajar

1 Pemanfaatan Limbah Industri Alkohol Desa Bekonang Menjadi Boneka Horta Ciu Unik (Botanik); Kabupaten Sukoharjo
2 Dolan Klaten – Website Wisata Interaktif Kabupaten Klaten Kabupaten Klaten
3 Wax Power Emergency Lamp Kabupaten Sragen
4 Pengembangan Lengan Robotik dengan Algoritma Sensor Infrared dan Cetakan 3D untuk Disabilitas Kabupaten Sukoharjo
5 Migatisay Soto Goreng Koya (mi Gaplek Tulang Ikan Dan Sayuran Soto Goreng Koya) Kabupaten Wonogiri
6 Rumah Pintar Masa Depan Dengan Gawai (gadget) Kabupaten Boyolali
7 AMBEC (Al Amaanah Best Electrical Controller) Solusi Terbaik Dalam Pengontrolan Penggunaan Listrik Kabupaten Karanganyar
8 ALPA ( Alat Penjernih Air limbah) Kabupaten Sragen
9 Inovasi Pemanfaatan Limbah Plastik sebagai Binder Pembuatan Briket Tempurung Kelapa Kabupaten Sukoharjo
10 “MUDA BLOCK” Peningkatan Kesehatan Ternak melalui Inovasi Suplemen Pakan Kabupaten Wonogiri
11 Mesin Pengering Padi Otomatis Dengan Tiga Sistem PemanasHemat Listrik Kabupaten Karanganyar
12 Baterai Sampah Organik Klaten Solusi Sampah Organik Kabupaten Klaten
13 DASI ( date Seed Ink) Solusi tinta spidol ramah lingkungan Kota Surakarta
14 Pemanfaatan Daun Katuk Dan Cokelat (Daklat) Bagi Kesehatan Masyarakat Di Bumi Intanpari Kabupaten Karanganyar
15 Showcase Makanan Hemat Energi Dengan Pemanas Sistem UAP Kabupaten Wonogiri
16 APASSE (ALAT PASTEURISASI SUSU SEDERHANA) Kota Surakarta
17 Minuman Serealia Delabur (Kedelai Bubuk Campur)) Kabupaten Sragen
18 Sistem monitoring deteksi banjir kota Surakarta berbasis IOT Kota Surakarta
19 Website Sayur nDeso (Media Kesejahteraan Petani) Kabupaten Boyolali
20 Smart Stove Safety System (4S) Kabupaten Klaten
21 “ALOECYDANTE” Lotion Gel 4IN1 Kabupaten Boyolali

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya