SOLOPOS.COM - Perwakilan belasan organ relawan berfoto bersama saat konsolidasi di Baki, Selasa (11/6/2024) malam. (Istimewa/Relawan AMPS)

Solopos.com, SUKOHARJO-Sedikitnya 16 organ relawan di Sukoharjo merapatkan barisan untuk mendukung Wakil Bupati Sukoharjo, Agus Santosa, sebagai bakal calon bupati (cabup) dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sukoharjo. Mereka menggaungkan politik riang gembira yang mengedepankan semangat positif, partisipasi masyarakat, dan dialog konstruktif.

Belasan organ relawan itu antara lain Barisan Rakyat Sukoharjo Makmur (Barasukma), Bang Japar, Kompas, Pasti, FO2KMS, Arus Bawah Sukoharjo, dan Banteng Lawas berkumpul di Baki, Selasa (11/6/2024) malam. Mereka tergabung dalam wadah bernama Aliansi Masyarakat Peduli Sukoharjo atau AMPS. Para relawan sepakat mendukung Agus Santosa maju dalam Pilkada Sukoharjo dengan mengedepankan politik riang gembira.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Ketua AMPS Ajiyono mengatakan konsolidasi organ relawan digelar untuk membahas rencana deklarasi di masing-masing kecamatan di Sukoharjo secara bergiliran. Deklarasi kali pertama direncanakan digelar pada 27 Juni di Desa Alasombo, Kecamatan Weru. “Kami tidak akan memobilisasi massa dalam acara deklarasi dukungan kepada Pak Agus. Justru, deklarasi digelar dengan melibatkan masyarakat setempat. Sebagai contoh, kalangan ibu-ibu atau karang taruna desa atau anggota kelompok tani,” kata dia.

Menurut Ajiyono peta persaingan politik menjelang pendaftaran bakal calon bupati-wakil bupati (cabup-cawabup) semakin kentara. Hal ini harus disikapi dengan semangat positif dan partisipasi masyarakat dalam menyongsong pesta demokrasi 2024. Keterlibatan masyarakat diberi porsi lebih besar lantaran mereka yang akan menentukan calon pemimpin masa depan Sukoharjo lima tahun mendatang.

Keran dialog konstruktif dengan menyerap gagasan, ide, dan pemikiran dari elemen masyarakat harus dibuka selebar-lebarnya. “Politik ruang gembira menjadi proses untuk menciptakan ruang demokrasi yang sehat. Kami menggarisbawahi pentingnya integritas dan pemberdayaan masyarakat dalam menjalankan urusan publik,” ujar dia.

Saat ini, relawan menunggu terbitnya rekomendasi PDIP  sebagai dasar untuk mengusung pasangan calon dalam Pilkada Sukoharjo. Sukarelawan siap mengawal hingga coblosan pada 27 November mendatang.

Sementara itu, Ketua Barasukma, Didik Rudyanto mengatakan masyarakat akar rumput mendukung sepenuhnya Agus Santosa maju sebagai kontestan di Pilkada Sukoharjo. Figur Agus Santosa memiliki rekam jejak mumpuni, progresif, visioner, dan berintegras tinggi.

Selain rekam jejak mumpuni, Agus Santosa merupakan sosok yang memiliki jiwa leadership dan kepribadian santun dengan orang lain. “Pak Agus itu sosok orang baik dan lurus. Beliau memahami manajerial dalam mengelola tata keuangan dan pemerintahan secara transparan dan akuntabel. Pak Agus pernah menduduki jabatan strategis mulai dari kepala organisasi perangkat daerah [OPD] hingga Sekda Sukoharjo,” ujar dia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya